Minggu, 11 Desember 2016

Indonesianisme Summit, Grand Sahid Jakarta, 10 Desember 2016 oleh Ikatan Alumni ITB Part 2


 "Memenangkan Industri Indonesia" 

Aksi Nyata dari Industri, Para Menteri dan Medco

Sesi kedua ini saya cukup puas karena Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Panglima TNI diberikan waktu sampai presentasi selesai. Arief Yahya mengatakan bahwa sektor pariwisatalah yang memberikan devisa terbesar bagi negara. Apabila negara adalah sebuah korporasi brandingnya hanya tiga disebut sebagai TTI yaitu Tourism, Trade and Investment. 

Arief Yahya juga membandingkan logo mempunyai peranan penting untuk branding suatu negara. Dia memberikan contoh Inggris dengan benderanya dan slogan Great Britain, India dengan Made in India dan Indonesia? Tentu dengan Wonderful Indonesia.
Beliau menceritakan pengalamannya sewaktu menjadi Direktur Telkom dan alasannya mengubah logo berwarna Biru dan Kuning menjadi Merah dan Putih. Logo Telkom dirubah dikarenakan dua hal pertama karena Telkom adalah perusahaan Telekomunikasi paling Indonesia dan kedua jujur saja value anak perusahaan Telkomsel lebih tinggi dari perusahaan induknya. Telkomsel sendiri ia katakan memiliki value 6 Milyar dollar dibandingkan pesaingnya yang memiliki value kurang dari 1 Miyar dollar. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa customer akan memilih brand Telkomsel 6x lebih tinggi dibandingkan brand pesaingnya.

Sekali lagi membandingkan dengan sebuah korporasi Arief Yahya mengatakan layaknya sebuah korporasi negara harus memiliki core value. sebenarnya apa core value negara Indonesia? Yang menjadikan Indonesia lebih dibandingkan negara-negara lainnya dimata dunia. Kalau dilihat perkembangan ekonomi dari zaman kepresidenan pertama maka aktifitas ekonomi dapat dibagi menjadi 4 yaitu :

1. Agriculture, Farming & Fishing
2. Manufacture
3. Information Technology
4. Creative Industry


Kalau kita lihat nomer 2 jelas dikuasai oleh China, nomer 3 oleh USA, India dan China. Jelas Indonesia dapat memfokuskan diri pada yang nomer 4 Creative Industry lebih spesifiknya Cultural Industry dengan berbasikan pada human creativity.




oleh : Lingga Wardhana
Wasekjend KAFEGAMA-MM

1 komentar:

ibu kasma mengatakan...

Maaf sebelumnya jika lewat Di tempat ini saya menceritakan tentang hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi kepada semua tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataannya... Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karna sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 250 juta untuk uang INDO namun saya tidak pusing lagi sebab kemarin saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal, katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang... Jadi saya beranikan diri menhubungi beliau dan kini semua hutang-hutang saya bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang ke Kampung... Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi AKI BROMO di nomor ☎: 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda TerimahKasi. Jika Anda kurang yakin atau kurang percaya >>>>KLIK DISINI<<<<<
SEKEDAR INFO: BUAT ANDA YANG LAGI MENGALAMI SUATU MASALAH????

1.Masalah Ekonomi

2.Terlilit Hutang

3.Masalah Rumah Tangga Dan Lain-lain.!!!!!

Silahkan Minta Bantuan Kepada AKI BROMO Di Nomor ☎:085-288-958-758 Di jamin Bantuan Beliau 100%

SEDIKIT BOCORAN BANTUAN DARI AKI BROMO???
1. PESUGIHAN
2. ANGKA TOGEL
3. PELET
4. PEMIKAT LAWAN JENIS
5. PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
6. PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL DAN LAIN-LAIN.

Jadi Jika anda Memerlukan Bantuan Silahkan Minta Bantuan Kepada AKI BROMO Di Nomor ☎:085-288-958-758 Di jamin Bantuan Beliau 100%

..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..