Hubspot (www.hubspot.com) adalah Perusahaan Internet Marketing yang tidak sekedar
menawarkan perangkat lunak aplikasi pemasaran, tapi juga memberikan cara
baru pemasar untuk mencapai
pelanggannya.
Pendiri HubSpot
Halligan dan Shah mendirikan HubSpot pada tahun 2006. Kombinasi antara
Halligan’s marketing, sales dan ahli modal usaha dengan Shah memiliki
pengetahuan mengenai teknologi dan berpengalaman sebagai pengusaha yang
sukses. Dengan kekuatan business plan,
mereka menarik financial partner
utama.
Inbound Marketing
Dalam lingkungan saat ini, efektivitas pemasaran outbound berkurang,
konsumen merasa dibombardir dan dibanjiri pesan-pesan komersial. HubSpot
membangun produk perangkat lunak yang membantu perusahaan untuk melaksanakan
program pemasaran inbound untuk menambahkan atau menggantikan program outbound
mereka yang tradisional.
Direct mail, pameran perdagangan dan telemarketing
semakin berkurang dalam menghasilkan bisnis baru. Sebaliknya perusahaan menemukan bahwa search engine, blog, dan media sosial
yang dapat menghasilkan bisnis baru di tingkat yang lebih tinggi.
Untuk memaksimalkan pemasaran inbound dibutuhkan 3 ketrampilan yang
berbeda;
- Kemampuan untuk menulis konten
menarik yang akan menarik pelanggan untuk bisnis.
- Kemampuan untuk mendistribusikan
konten itu sehingga mudah ditemukan oleh calon pelanggan menggunakan mesin
pencari, yang membutuhkan pemahaman yang canggih dari optimisasi mesin pencari.
- Kemampuan untuk menarik dan
melibatkan komunitas pengikut yang berinteraksi dengan konten, ditambah
pemikiran mereka kedalam dialog yang berkelanjutan dan disebarluaskan ke
lainnya.
Salah satu keunggulan pemasaran inbound
adalah di desain untuk menciptakan konten yang menarik hanya kepada pelanggan
yang tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini sangat berlawanan dengan
pemasaran outbound tradisional dimana pesan bisnis disampaikan kepada banyak
penonton yang terdiri dari banyak orang yang bukan pada pasar produk tersebut.
Hal ini menciptakan efisiensi dalam pemasaran.
Volpe memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk
menggunakan inbound adalah 5-7 kali lebih rendah dari yang dbutuhkan oleh
pemasaran outbound. Bisnis telah meningkatkan porsi anggaran mereka yang
disediakan untuk pemasaran inbound, khususnya bagi industri B2B. Dimana 37%
dihabiskan untuk pemasaran inbound dan 30% untuk pemasaran outbound. Ini dapat
memberikan biaya yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi, pemasaran
inbound memungkinkan bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar dengan
cara yang tidak pernah mungkin dalam dominasi dunia pre-internet oleh media
massa. Bisnis kecil menyadari bahwa pemasaran inbound membantu tingkat bermain
dilapangan dan lebih agresif mengalokasikan anggaran mereka untuk pemasaran
inbound.
Produk
HubSpot
- Content Design: Menawarkan content management system (CMS), perangkat lunak yang membuat dan mengedit content online secara mudah.
- Exposure Optimization: berisi serangkaian alat yang dirancang untuk membantu pelanggan membuat konten mereka lebih terlihat dipublikasikan di internet
- Lead Tracking dan Intelligence: perangkat lunak HubSpot memiliki analisis intelejen pemasaran untuk melacak interaksi para pelanggan dengan content perusahaan.
HubSpot menggunakan strategi harga
perangkat lunak sebagai sebuah pelayanan untuk produknya. Daripada membayar
biaya dimuka yang besar, pelanggan membayar biaya bulanan yang lebih kecil.
Biaya rendah HubSpot dan kemudahan penggunaan untuk pemula web 2.0 adalah
keunggulan kompetitif.
Pasar
HubSpot
Halligan dan shah membayangkan bahwa
HubSpot akan menjadi market leader
dari industri yang diukir oleh perusahaan perangkat lunak dan perusahaan
konsulting yang fokus dalam membantu mengisi
bisnis dan mengelola saluran pelanggan mereka.
Corong pelanggan dibagi menjadi tiga
kegiatan utama:
- Menciptakan Traffic : Tujuan teratas pada saluran itu untuk menarik sejumlah besar calon pelanggan.
- Menganalisis dan kualifikasi mengarah: Tujuan menengah adalah untuk menilai potensi calon pelanggan yang berbeda yang dibawa oleh program-program generasi pemimpin.
- Menutup penjualan: Tujuan paling bawah dari saluran pelanggan adalah mengubah prospek menjadi pelanggan.
Mengisi
Saluran Pelanggan Hubspot
Hingga 2009, HubSpot memiliki 1000
pelanggan yang sangat beragam. HubSpot menarik pelangan-pelanggan ini melalui
pemasaran inbound, dengan mempraktekan apa yang telah mereka khotbahkan dengan
menggunakan perangkat lunak mereka.
Pemasaran inbound HubSpot yang paling
sukses adalah freeware, small software programs yang disediakan untuk gratis
dan dapat diakses melalui internet.
Perusahaan menghasilkan hampir 50% dari
arahan corongnya. Arahan berkualitas rendah tidak akan diberi perhatian lebih
lanjut. Sisanya di ukur menggunakan skala 1 (kemungkinan rendah berkonversi)
hingga 10 (kemungkinan tinggi berkonversi)
Pemasaran inbound HubSpot tidak menargetkan jenis pelanggan
tertentu, HubSpot menemukan dirinya menarik sebuah set yang beragam. Pelanggan
HubSpot berasal dari banyak jenis industry, termasuk pelayanan professional,
pelayan kesehatan, perangkat lunak, real estate, dan konstruksi material. Terdiri dari
bisnis menjual ke bisnis lainnya(B2B), serta bisnis yang menjual langsung ke
para konsumen (B2C).