Rabu, 15 Oktober 2008

Entrepreneur : Entrepreneur University

Beberapa bulan yang lalu saya diajak oleh teman saya Iqbal untuk mengikuti seminar sehari "Cara GILA Jadi Pengusaha" yang salah satu pembicaranya adalah Purdie Chandra. Gue kenal dong sama Purdie Chandra secara dia sama-sama dari jogja dan juga pendiri Primagama yang sudah sukses itu. GILA adalah singkatan dari "Gigih Langsung Action". Jadi dalam seminar ini dikatakan kalau menjadi pengusaha sebaiknya langsung action aja, nggak usah mikir-mikir kelamaan ntar malah jadi basi dan cenderung nggak jadi (huhui berima).

Pak Purdie juga menjelaskan step-step menjadi pengusaha..
1. Sehat

2. Banyak memberi
3. Ibadah
4. Melayani
5. Bersyukur
6. Memulai Usaha
7. Mengembangkan usaha
8. Punya usaha dan kaya

Dan kenapa kita harus menjadi pengusaha. Karena secara macro untuk memajukan Indonesia menjadi negara maju dibutuhkan 2% dari jumlah penduduk menjadi pengusaha mandiri. sedangkan persentase pengusaha di Indonesia adalah 0.08%. Jadi ayo kita mulai menjadi pengusaha. Dan menurut Pak Purdie dibutuhkan keberanian otak kanan untuk menjadi pengusaha. Kenapa otak kanan? karena di otak kanan itulah sarat dengan hal-hal yang sifatnya eksperimental dan divergen.

Pak Purdie juga memberi teknik-teknik untuk menjadi pengusaha. Dimana saat akan memulai usaha biasanya orang akan terkendala masalah modal, ide usaha, tempat dan sebagainya. Oleh sebab itu Pak Purdie membeberkan suatu teknik diantaranya :
1. Bodol (berani optimist duit orang lain) -> minjem dari bank untuk usaha
2. Botol (berani optimist tenaga orang lain)
3. Bobol (berani optimist bisnis orang lain) -> bisnis franchise
Jadi ndak ada alasan untuk nggak memulai usaha...hehe. Asal ada kemauan mesti ada jalan.

Nah ternyata setelah acara seminar itu Pak Purdie mengajak peserta seminar mengikuti Entrepreneur University (wah jualan lagi Pak Purdie ini). Entrepreneur University adalah pelatihan Entrepreneurship selama tiga bulan yang dimentori oleh pengusaha-pengusaha yang telah sukses membangun bisnis. Dan, uniknya mereka akan diwisuda setelah menjadi pengusaha atau sudah buka usaha. Jadi kalo belum buka usaha ya belum lulus (saya juga belum lulus hehehe).

Nah singkatnya ikutlah saya di pelatihan tersebut meskipun biaya pendidikannya lumayan mahal. Disana bertemu dengan pengusaha-pengusaha yang telah sukses dan menceritakan pengalamannya. Beberapa teori menganut pada konsep dari Robert T Tiyosaki. Berikut ini bagan besarnya...



Gini penjelasannya kuadran pertama menjelaskan definisi kaya "menurut" Robert T Tiyosaki. Menurutnya kaya adalah apabila anda memiliki pasif income 3 kali dari expense (pengeluaran) bulanan anda. Kuadran kedua menjelaskan empat cara memperoleh penghasilan yaitu menjadi karyawan (employment), pekerja profesional (self employment) contohnya : dokter atau pengacara, menjalankan bisnis (bussines), dan menjadi investor. Kuadran ketiga menjelaskan bagaimana menjadi pengusaha yaitu kita harus memperhatikan cash flow kita dan bagaimana memilah asset atau liability. Dan kuadaran keempat adalah bagaimana melipat gandakan penghasilan kita yaitu dengan melakukan usaha, membeli properti atau berinvestasi di papper asset.

Sudah ya teorinya lansung praktek aja...

9 komentar:

kibo mengatakan...

saya ricky dr medan ingin menanyakan utk biaya pelatihan selama 3bulan dikenakan biaya berapa ya??? Thanks

Aila mengatakan...

Yang saya tau sekarang thn 2019 biayanya sekitar 2 sampai 3/6 juta. Berlaku selamanya.

Unknown mengatakan...

Sy baru saja mengikuti seminar hanya 2 500 sudah menjadi member vip untuk selamanya

Unknown mengatakan...

Saya baru saja mengikuti acara seminarnya yang diadakan di Solo tepatnya di Hotel Harris Solo, inti dari seminar tersebut selain memberikan arahan dan memotivasi para peserta seminar, juga ingin mengajak untuk para peserta mengikuti / bergabung dengan EU (menjadi murid), pada saat sesi penawaran jika ingin menjadi murid atau ingin menjadi member VIP selamanya harus membayar 6/3/2.5 juta SAAT ITU JUGA, yang menjadi pertanyaan saya, apakah yang ingin sukses pada saat itu adalah peserta yang mempunyai uang dengan nominal yang ditawarkan ? Soalnya moderator tidak memberikan kesempatan waktu untuk berfikir, okelah jika jika ingin sukses orang itu tanpa pikir panjang, jadi langsung aja!! tapi pada saat sesi tersebut bisa saya simpulkan, yang ikut menjadi member VIP pada saat itu adalah peserta yang mempunyai uang sesuai dengan tawaran. Dan yang tidak Insyaallah akan sukses dengan caranya sendiri di kemudian hari. Terima kasih

Salam Sukses.

R.Dian Sandi mengatakan...

Jadi pemdaftaran gratis. Tp nnti disana diminta bayar gitu yaa?

Roni mengatakan...

Seminarnya+motifasi gratis..
Setelah itu kalo mau masuk kelas lifetme bayar 3jt bisa bertemu dengan mentor+bimbingan sampai bisa punya usaha sendiri..

Unknown mengatakan...

kalo udah daftar untuk seminar tapi tidak ikut ke kelas mentor, apa boleh? apa semua yg ikut peserta seminar diwajibkan mengikuti penawaran yg disebutkan suruh bayar 3/6/2,5jt

Unknown mengatakan...

Saya baru saja mengikuti seminar EU semalam di Tangerang,,, jujur suka bgt sama materi nya, penyampaian nya dri om. Chandra jga menyenangkan_ malah pas datang alumni yg sudah sukses ngash supsidi 500rb/org Masyallah,, syang nya sya blm bisa daftar karna gak punya uang 3jta Nya padahal Kepingin bgt,, dan gak daftar saat itu jga gak di permasalahin oleh penyelenggara_ Heem berharap bs menggabil pelajaran dri acara semalam dan bisa sukses Dengan jalan Masing"

Unknown mengatakan...

Jadi setelah mengikuti seminar nanti akan diarahkan untuk mengikuti pelatihan selama 3 bulan dengan biaya yang sudah ditentukan ya