Kamis, 02 Februari 2012

Analisa Ratio Laporan Keuangan PT XL Axiata Tbk



Bagi setiap entrepreneur wajib untuk mengetahui laporan keuangan. Seperti pembahasan dalam artikel sebelumnya laporan keuangan dipergunakan untuk mengetahui seberapa sehatkah perusahaan Anda. Laporan keuangan berdasarkan akutansi yang baku atau disingkat PABU (Prinsip Akutansi Berterima Umum) atau GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) biasanya terdiri dari :
  • Neraca
  • Laporan Laba-Rugi
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Perubahan Equitas
Untuk mendalami hal ini kita dapat mengamati laporan keuangan pada perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau perusahaan terbuka. Biasanya nama perusahaannya diberi embel-embel Tbk. Dimana perusahaan ini sudah menjual sahamnya kepada masyarakat umum sehingga diwajibkan bagi perusahaan ini untuk menerbitkan laporan tahunan yang didalamnya juga terdapat laporan keuangan tahunan. 


Untuk pembahasan pada artikel ini saya ambil perusahaan PT XL Axiata Tbk tahun 2010. Karena kebetulan sebelumnya saya berkecimpung di dunia telekomunikasi juga maka saya senang menganalisa yang berhubungan dengan bisnis telekomunikasi.


Tujuan dari artikel ini adalah melakukan analisis ratio pada perusahaan XL Axiata. Analisis ratio dapat digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan XL Axiata dibandingkan dengan perusahaan sejenis misalkan Telkomsel, Indosat dengan membandingkan ratio XL Axiata dengan rata-rata industri. Tetapi analisis ratio bukanlah tanpa celah hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan telekomunikasi seluler sudah go public dan juga perbedaan sumber pemasukan bagi perusahaan-perusahaan seluler tersebut (contoh : Indosat juga merambah industri satelit dan IT tetapi tidak dengan perusahaan lainnya). Pada analisis ini saya baru membandingkan antara ratio di tahun 2009 dengan ratio di tahun 2010. 


Pertama kita tampilkan Neraca perusahaan
Perlu diingat dalam neraca bahwa
Asset = Liability + Equity
Asset termasuk didalamnya aset lancar berupa kas, piutang dll dan aset tidak lancar berupa gedung, mesin-mesin dll. Laibility adalah kewajiban atau hutang perusahaan. Sedangkan Equity adalah modal perusahaan. 


Berikut neraca pada XL Axiata 2009, 2010 (Dalam jutaan rupiah kecuali nilai nominal per saham)






Berikut laporan laba rugi 2009, 2010 (Dalam Jutaan rupiah)



Dan berikut analisa ratio berdasarkan laporan keuangan yang kita dapatkan. 



Berikut penjelasan analisis berdasarkan tiap-tiap analisa ratio

Analisa Likuiditas



Analisa Asset Management



Analisa Debt Management



Profitability




Market Value



Sumber :
  • Laporan Tahunan PT XL Axiata Tbk
  • Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston, "Essentials of Financial Management," Cengage Learning Asia Pte Ltd, Singapore 2007.

4 komentar:

uii profile mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

3yuwono mengatakan...

saya masih bingung mas :(

Julia Sun mengatakan...

kak , bagaimana mau melihat modal kerja, sumber dana dan penggunaan dana pada PT XL Axiata tbk :) terimakasih

rani sri wahyuni mengatakan...

Asslamualaikum
perkenalkan saya mahasiswi salah satu universitas di kota cirebon. Kebetulan saya sedang menyusun sebuah skripsi, dan pembahasan yang kakak pos ke publik ini berkaitan dengan judul skripsi yang akan saya susun. Boleh enggak kaa, kalo pembahasan ini saya jadikan referensi atau bahan penelitian saya :) terimakasih mohon di respon kaa :)