Kamis, 02 Februari 2012

Website untuk Entrepreneur



Inti dari kesuksesan internet adalah menghubungkan orang dengan dengan informasi yang dicari, bisa berupa mahasiswa yang mencari harga tablet terkini, atau toko buku online memajang koleksi terbarunya. Internet menyediakan peluang yang selalu berkembang dan semakin penting bagi perusahaan untuk menyampaikan barang atau jasanya kepada pelanggan tetap maupun yang baru dengan harga operasi yang murah. Jika konsumen anda sering menggunakan internet, maka cara terbaik untuk berhubungan dengan mereka adalah dengan ikut menggunakan internet.

Gunakan internet untuk membuat hubungan dan mengembangkan usaha anda dengan cara:
Menetapkan Kehadiran Anda di Internet

Daftar lokal dan sebuah website membantu membangun reputasi anda secara online. Daftar lokal membantu anda memaparkan perincian perusahaan, sementara website adalah perusahaan anda sebenarnya di internet. Anda dapat menyoroti  data lengkap di daftar lokal; seperti alamat perusahaan, nomer telepon dan alamat email.

Menunjukan Gambar Website

Website anda harus mengandung informasi penting seperti data lengkap perusahaan, termasuk lokasi, kontak informasi dan penjelasan singkat. Gambar dan video berkualitas tinggi juga dapat digunakan untuk menunjukan barang dan jasa khas perusahaan anda. Anda dapat memberikan watermark alamat kontak pada gambar-gambar barang dan jasa perusahaan Anda sehingga suatu saat masuk dalam pencarian google. Orang dengan mudah dapat menghubungi Anda.

Berhubungan langsung dengan pelanggan melalui Website

Halaman-halaman yang mudah dan sederhana ditelusuri akan memastikan penggunaan website anda oleh pelanggan. Dengan website, anda mempromosikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan lepas dari internet.

Interaksi dengan komunitas anda dengan pemasaran gratis

Media sosial dapat digunakan untuk mencari tahu opini pelanggan mengenai perusahaan anda. Ini adalah cara yang baik untuk memasarkan paket-paket dan promosi dari perusahaan anda. Dengan menggunakan website, anda dapat melebarkan jangkauan barang dan jasa melebihi cakupan komunitas terdekat anda.

Meningkatkan pendapatan dengan perdagangan di internet

Jika anda menjual barang atau jasa di website, maka masuk akal untuk memasukkan peralatan khusus untuk membantu pelanggan membelinya langsung di website anda sendiri. Peralatan yang sering digunakan adalah Google Checkout (www.google.com/checkout), paypal (www.paypal.com), dan Amazon Payments (payments.amazon.com) yang dapat membangun kepercayaan para pelanggan, meningkatkan pendapatan perusahaan dan menyediakan cara berinteraksi lain untuk para pelanggan yang sering menggunakan internet. 

Lakukan Optimisasi 

Lakukan optimisasi pada web Anda. Caranya? Coba ketikan jasa atau produk yang berhubungan dengan jasa atau produk perusahaan Anda di Google (tanpa nama perusahaan Anda). Pada halaman berapakah web perusahaan Anda berada. Jika ke halaman puluhan sekian berarti orang-orang sulit mencapai web Anda. Optimisasikan halaman web Anda sehingga menjadi nomer satu atau minimal di halaman paling depan saat orang lain melakukan pencarian. Cara paling mudah adalah memberikan kata kunci pada web Anda yang berhubungan dengan jasa atau produk yang bersesuaian.

Tapi saya bukan orang yang pintar dalam hal teknis!
Dan saya tidak mampu mempekerjakan seorang pakar!

Tidak masalah – anda tidak memerlukan gelar S3 dalam bidang komputer ataupun uang berlimpah untuk memasukan perusahaan anda ke internet. Sebenarnya, sekarang justru lebih mudah dari sebelumnya. Ada banyak cara dan peralatan murah atau bahkan gratis yang dapat membantu membuat sebuah website. Anda dapat menghindari sebuah teknis membuat sebuah website dengan menggunakan peralatan-peralatan yang gratis tersebut untuk membuatnya. Peralatan ini menghasilkan anda memilih alamat website (atau diketahui juga sebagai URL), dan memperbolehkan website anda menggunakan server mereka secara gratis. Namun karena sangat mudah untuk membuatnya, kadang kala akan susah untuk mengatur design dan layout website tersebut. Blog seperti wordpress juga menyediakan template yang bisa digunakan untuk coporate. Dan ada beberapa tools seperti Jomlaa yang mempermudah dalam membuat desain web tetapi yang paling penting adalah konsistensi kehadiran Anda di internet.

Ditulis ulang dari The Entrepreneur's Primer : An Introduction to the Professional Services You Need to Help Grow Your Business oleh AmCham Indonesia

1 komentar:

David Kurniawan Nainggolan mengatakan...

BLOGGERspherepedia sangat menyukai artikel anda tentang bagaimana mengembangkan usaha di Internet, terima kasih.
jangan lupa main juga ke blog saya ( http://mangalindakblog.blogspot.com )