Rabu, 25 Januari 2012

Pengetahuan Hukum bagi Entrepreneur



Pentingnya Pengetahuan Hukum

Suatu bentuk usaha yang sah digunakan untuk menentukan kelayakan, kolaborasi dengan usaha-usaha lain, keikutsertaan dalam tender-tender swasta dan pemerintah, dsb. Memilih suatu badan hukum yang benar merupakan salah satu hal terpenting bagi pengusaha atau bagi seorang pengusaha yang memiliki tekad. Notaris atau konsultan hukum akan membantu anda untuk mendirikan suatu badan hukum yang terbaik untuk usaha anda, mencakup usaha perseorangan (Sole Proprietorship), Firma (General Partnership), Persekutuan Komanditer (Limited Partnership atau lebih dikenal dengan commanditaire vennootschap atau CV) atau Perseroan Terbatas (Limited Company). 

Jasa Hukum

Selain membantu untuk mendirikan badan hukum yang paling sesuai untuk usaha baru anda, seorang konsultan hukum  juga dapat membantu anda dalam tantangan hukum yang dihadapi dalam suatu usaha. Dalam suatu usaha terdapat banyak tantangan, dari mulai memperkerjakan karyawan, pembayaran pajak, pendaftaran merk sampai dengan negoisasi transaksi bisnis. Konsultan hukum  dapat memberikan nasihat/pandangan hukumnya untuk anda tekait dengan hal-hal tersebut. Konsultan hukum dapat mengidentifikasi dan mendapatkan perizinan-perizinan yang dipersyaratkan dan menjalankan kepatuhan terhadap hukum-hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku disuatu negara. Konsultan hukum juga dapat memberikan suatu nasihat hukum secara berkala, pada saat hukum dan kebijakan berubah dan berkembang, termasuk untuk menghindari pelanggaran dan membantu perusahaan anda secara positif dan membatu membuat keputusan-keputusan bisnis yang menguntungkan. Nasihat hukum dapat membantu anda untuk dapat mengelola resiko hukum dan resiko keuangan, melindungi aset dan melindungi terhadap kepatuhan hukum, selain itu juga membantu anda untuk memeriksa dan meninjau dokumen, negoisasi perjanjian-perjanjian dan, jika dibutuhkan, mewakili anda di pengadilan. 

Sebagai entrepreneur, berikut adalah beberapa tantangan hukum yang mungkin akan anda hadapi :


  1. Sumber Daya Manusia

Memperkerjakan orang membutuhkan perhatian terhadap hukum ketenagakerjaan perburuhan. Dimana perjanjian kerja dapat berbentuk lisan atau tulisan, hubungan kerja waktu tertentu harus dalam bentuk tertulis. Terkait dengan pengakhiran masa kerja, pemberi kerja atau pengusaha wajib mendapatkan izin dari Pengadilan Perselisihan Perburuhan, kecuali apabila pekerja atau karyawan mengundurkan diri secara sukarela atau dimasa percobaan telah diatur secara tertulis. Pembayaran pesangon juga diwajibkan apabila pengakhiran masa kerja, alasan pengakhiran masa kerja dan penggantian hak yang belum digunakan oleh pekerja selama masa bekerja.



  1.   Perpajakan
Sebagai pemberi kerja, anda wajib untuk, memotong, menyimpan dan melaporkan pajak atas pemberian upah yang didapat oleh pekerja. Anda juga harus membayarkan kewajiban pajak lainnya, seperti pajak penghasilan perusahaan, pajak pertambahan nilai, pajak atas penjualan barang mewah, pajak bumi dan bangunan, pajak pendapatan daerah dan materai. Pengacara anda merupakan sumber yang akan membantu anda dengan pengetahuan dasar dalam hal ini.

  1. Hak atas Kekayaan Intelektual
Indonesia merupakan peserta dalam berbagai konvensi terkait dengan hak atas kekayaan intelektual. Untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan konvensi-konvensi tersebut, oleh karenanya telah ditetapkan hukum yang mengatur tentang paten, merek dagang, desain sirkuit terpadu, varietas tanaman dan hak cipta. Pengacara anda dapat membantu anda dalam hal pendaftaran dan perlindungan terhadap hak atas kekayaan intelektual, yang mana khususnya merupakan persoalan yang menarik bagi para pengusaha dan usaha yang akan dimulai.

  1. Persyaratan Hukum Lingkungan
Peraturan tentang lingkungan yang baru mewaijbkan penilaian terhadap dampak lingkungan, usaha pengelolaan lingkungan atau usaha pemantauan lingkungan, termasuk perizinan lingkungan, hal mana merupakan prasyarat bagi usaha anda untuk mendapatkan izin usaha dasar dari kementrian terkait. Persyaratan-persyaratan tersebut, dan kekosongan peraturan-peraturan pelaksananya, membutuhkan perhatian lebih dan nasihat dari pengacara anda.

  1. Jasa Hukum yang Mendukung Akses Pembiayaan
Memilki dukungan legal yang berkualitas dalam memeriksa dokumen-dokumen hukum untuk presentasi dapat membuat perbedaan dalam kekayaan kredit pada saat anda mengajukan pinjaman. Bank dan peminjam cenderung untuk melihat penasihat hukum anda sebagai tanda bahwa rencana bisnis anda serius dan oleh karenanya layak bagi bank. Pengacara anda juga dapat menjelaskan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan untuk pembiayaan tersebut, membantu melengkapi formulir-formulir yang dibutuhkan atau mungkin membantu anda untuk menegoisasikan ketentuan dan taraf yang lebih baik.

Usaha mikro juga terlibat dalam berbagai transaksi hukum setiap harinya. Sebagian besar bisnis berjalan tanpa insiden, tetapi sebagian kecil terbaikan, hal mana dapat memberikan resiko yang tidak perlu terhadap kesehatan dan masa depan bisnis anda. Penasehat hukum anda dapat memberikan bantuan yang perannya sangat penting yang anda butuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan membantu usaha anda untuk bertumbuh dan berkembang dalam ketidakpastian keadaan.


Ditulis ulang dari The Entrepreneur's Primer : An Introduction to the Professional Services You Need to Help Grow Your Business oleh AmCham Indonesia

1 komentar:

nomor 81 mengatakan...

informasi yang menarik..:) terima kasih