Tak kenal maka tak sayang
Tidak
diketahui siapa yang pertama kali menciptakan kutipan ini, namun sering sekali
digunakan hingga kini. Untuk pengusaha-pengusaha
yang baru, kutipan ini menyiratkan
bahwa
komunikasi wajib
dimiliki: bagaimana caranya membuat orang yang belum mengenal anda bisa mencintai
anda?
Kenapa
Entrepreneur memerlukan Komunikasi?
Entah anda sedang bekerja keras di kamar kos-kosan ataupun dilapangan,
sudah pasti anda ingin dikenal
oleh sejumlah orang tertentu. Bahkan untuk mereka yang sudah berhasil menjadi
salah satu pemain besar, tetap saja komunikasi berperan dalam menjelaskan siapa
diri anda dan apa ide, produk ataupun jasa yang anda miliki.
Jika kisah anda tidak diceritakan, tidak akan ada
yang mengetahuinya. Ini berarti, siapa anda, apa yang anda lakukan, dan yang
paling penting, yaitu rencana anda untuk masa depan, semua harus disusun dengan
suatu cara agar kisah anda dapat disampaikan kepada orang diluar sana.
Anda ingin secara konsisten menjelaskan kisah,
pokok-pokok penting dan pesan dari perusahaan anda. Pesan-pesan menggambarkan
cerita anda. Pesan-pesan harus dikembangkan, diperindah, dilatih dan
disampaikan agar maknanya tidak hilang.
Pengusaha membutuhkan sebuah pendanaan untuk dapat
mendongkrak usahanya. Pendanaan bisa diperoleh dari bank atau investor. Jika suatu bank tidak
tahu siapa anda dan apa yang anda tawarkan, maka kemungkinan mendapatkan
mendapatkan dana dari bank tersebut berkurang. Para pengusaha sukses juga
menyebutkan jika usaha anda ingin memperoleh pendanaan dari investor,
banyak-banyaklah bergaul dengan para investor.
Dalam ilmu marketing klasik terdapat strategi 4P yaitu
: Product, Price, Place, Promotion yang harus diperhatikan untuk penyampaian
produk perusahaan ke konsumennya. Komunikasi yang baik dapat menjadi ajang
promosi bagi perusahaan.
Dalam dunia para wiraswasta, lingkaran pertemanan
anda perlu diperluas dengan melibatkan pemangku kebijakan lain yang mempunyai
ketertarikan atas perusahaan atau ide anda. Anda harus mencari tahu bagaimana
cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka, mulai dari investor,
kompetitor, kantor paten, peneliti, ataupun media.
Media Komunikasi
Oleh karena perkembangan media digital, ada cara
baru untuk berkomunikasi dengan para pemangku kebijakan. Namun begitu, dengan
cara lama ataupun baru, media hanya memiliki satu tujuan-yaitu menjadi saluran
informasi.
Apa yang disampaikan oleh media tergantung apa yang
anda masukkan, tapi jangan sampai melupakan pentingnya kualitas lingkupan
dibandingkan kuantitas lingkupan. Tetap lugas dan seksama dalam pembuatan pesan
anda.
Keterbukaan Indonesia dalam menerima media sosial membawa
dinamika baru ke dalam dunia media. Meskipun mudah sekali untuk memaparkan
beria anda di berbagai jenis media, pertanyaa yang paling penting adalah: siapa
yang sedang mendengarkan pesan anda? Kunci utama untuk sukses dalam lingkupan
sosial adalah keterlibatan- ketika sudah memiliki pengikut, harus disimpan dan
diperbesar lagi jumlahnya.
Periklanan
versus Hubungan Masyarakat
Banyak wirausaha tidak memikirkan periklanan.
Hubungan masyarakat adalah suatu cara yang lebih hemat dana untuk bekerja
dengan wartawan, bloggers, dan pihak ketiga lainnya yang menyampaikan kisah
anda. Memang, Dengan cara ini anda kurang memiliki kendali terhadap waktu
penyampaian dan pesan yang disampaikan, sehingga resikonya lebih tinggi, namun
cara ini lebih murah dan lebih dipercayai oleh massa dibandingkan iklan di
televisi atau billboard. Jadi bagi Anda yang memulai suatu usaha
pintar-pintarlah untuk melakukan komunikasi yang baik untuk memperkenalkan
usaha Anda.
Ditulis ulang dari The Entrepreneur's Primer : An Introduction to the Professional Services You Need to Help Grow Your Business oleh AmCham Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar