Senin, 20 Februari 2012

Menjaga StartUp Anda tetap berjalan


Berikut beberapa tips dan trik agar Start Up Anda terus dapat survive :
  1. Segera selesaikan piutang dari customer anda yang sudah jatuh tempo. Dalam hal penagihan piutang perusahaan Start Up kadang terkesan lebih ‘lembek’ dibandingkan korporasi besar. Bagaimanapun juga Anda tetap membutuhkan cash flow di perusahaan Anda. Meskipun kebanyakan customer perusahaan Start Up adalah teman sendiri kadang istilah “business is business” benar adanya dibandingkan perusahaan Anda harus berhenti karena kehabisan uang.
  2. Apapun background Anda baik engineer, IT atau konsultan saat menyentuh bidang entrepreneurship Anda harus memahami laporan keuangan. Buatlah laporan keuangan untuk mengetahui proyek-proyek yang menguntungkan dan yang tidak bagi perusahaan Start Up Anda. Sewalah seorang konsultan pajak untuk membantu melaporkan pajak bulanan Anda dan mengingatkan Anda akan pelaporan pajak tahunan. Dengan laporan keuangan anda akan mengerti pergerakan kemajuan perusahaan Anda dan juga dapat memprediksi perjalanan perusahaan Anda di beberapa tahun kedepan. Dan juga bahasa laporan keuangan adalah syarat utama Anda untuk bertemu dengan investor atau pihak perbankan selain presentasi dan penampilan diri Anda. Laporan keuangan bagai syarat IPK seorang mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.
  3. Customer Oriented. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengeluarkan produk. Tapi lakukanlah riset pasar terlebih dahulu apakah produk yang dihasilkan akan diserap baik oleh pasar. Fokuslah pada customer yang Anda miliki sekarang jangan terburu-buru untuk mentargetkan pada customer yang lain. Anda membutuhkan customer acquisition cost untuk mendapatkan customer yang baru.
  4. Buatlah tempat kerja Anda senyaman mungkin bagi karyawan Anda. Bekerja dengan perusahaan Start  Up pada masa-masa awal adalah hal yang berbeda dengan perusahaan besar : tidak ada batas ruangan disana, sang pemilik dan karyawan bekerja pada ruangan yang sama tanpa adanya struktur organisasi yang kaku, semua orang bebas mengenakan pakaian apa saja dan bekerja kapan saja asalkan pekerjaannya beres. Tetapi tidak adanya standar baku memungkinkan karyawan yang bekerja di perusahaan Start Up bekerja apa saja. Buatlah komunikasi yang nyaman dengan karyawan dan sediakanlah makanan dan minuman untuk membuat karyawan lebih produktif dan merasa nyaman bekerja.
  5. Saat pendapatan perusahaan belum menutupi biaya operasional perusahaan. Jangan terlalu fokus hanya pada efisiensi perusahaan tapi fokuslah juga pada peningkatan sales yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Peningkatan sales yang diiringi dengan efisiensi operasional perusahaan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tidak ada komentar: