Sabtu, 02 Januari 2016

Segala Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)


Ditengah penyusunan SKKNI akhir tahun 2015, tim penyusun dituntut untuk menyelesaikan juga KKNI atau (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) apa yang dimaksud dengan KKNI akan saya jelaskan dalam poin-poin berikut :
  1. Secara Definisi KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan,  menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Jadi kalau dalam SKKNI kita merumuskan unit-unit kompetensi yang diperlukan agar tujuan utama bisa tercapai, KKNI adalah pengelompokan atau pengemasan unit-unit kompetensi dalam sebuah jabatan atau struktur organisasi dalam dunia kerja. Jadi misalnya seorang RNO 2G kompetensi yang diperlukan apa saja, atau seorang OSS kompetensi yang diperlukan apa saja. Semuanya dikelompokan dan dikemas dalam KKNI ini. 
  2. Sama seperti SKKNI dalam KKNI ini terdapat tim perumus. Apabila dalam SKKNI ada 10 tim perumus dalam KKNI ini hanya ada 5 tim perumus.
  3. Siklus pembuatan dan pengembangan KKNI dijelaskan di dalam Gambar 1 dibawah. Dalam Workshop dan Konsensus/Konvensi kami diharapkan untuk dapat mengundang pakar, unsur praktisi (industri), akademisi, asosiasi dan regulator. Untuk Workshop ada 45 undangan dan Konsensus/Konvensi 75 undangan. Gambar 2 saat berlangsungnya Workshop untuk RKKNI Optimalisasi Jaringan Selular dan Gambar 3 saat berlangsungnya Konsensus/Konvensi. Jadi secara total kami sebagai tim perumus mengundang empat kali teman-teman baik dari industri maupun akademisi. Kami ucapakan terima kasih untuk partisipasi aktif teman-teman sekalian dalam penyusunan SKKNI dan KKNI ini. 
    Gambar 1. Alur Perumusan KKNI
    Gambar 2. Workshop KKNI yang diadakan di Best Western Premier The Hive tanggal 15 Desember 2015
    Gambar 3. Konvensi KKNI yang diadakan di Hotel Maharadja pada tanggal 22 Desember 2015
  4. Meningkatkan pengakuan nasional dan internasional akan kualifikasi yang ditawarkan di suatu negara. Gambar 5 dibawah ini menunjukkan bagaimana jenjang kualifikasi KKNI untuk Optimalisasi Jaringan Seluler.
    • Apa saja fungsi dan tujuan dari KKNI ini? Diantaranya adalah : Memberikan pengakuan secara nasional atas hasil pendidikan lanjutan.
    • Mendukung fleksibilitas perpindahan dari sektor pelatihan/pendidikan non formal, pengalaman ke pendidikan formal dan antara kedua sektor tersebut di pasar kerja.Sehingga dengan RPL (Recognition Prior Learning) akan ada fleksibilitas perpindahan antara pengalaman kerja yang puluhan tahun ke pendidikan formal. contohnya apabila Anda sudah berpengalaman kerja puluhan tahun dan memiliki kompetensi KKNI Level 8 maka akan ada fleksibilitas untuk disamkan dengan pendidikan formal S2. Tentunya hal ini membutuhkan kerjasama dengan DIKTI dan Universitas terkait (yang sampai saat ini belum berjalan di Indonesia).
    • Mengefisiensikan requirement para provider, pemberi kerja, pekerja, perorangan, dan organisasi terkait.
    • Menawarkan fleksibilitas terhadap beragamnya tujuan pendidikan dan pelatihan.
    • Mendorong pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang lebih bermutu melalui kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.
      Gambar 4. Kesetaraan Jenjang Pendidikan, Pelatihan Kerja dan Pengalaman Kerja
      Gambar 5. KKNI pada Optimalisasi Jaringan Seluler


      Selamat Bersertifikasi!

1 komentar:

Syafitri mengatakan...

Salam kenal Saya KI DI MALAYSIA
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
BANTUAN DARI KI BARONG
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.