Senin, 29 Juni 2009

HOME

Ini kisah sebuah referensi film. Film yang penulis tonton pekan ini dan menggugah hati penulis dan meyakinkan penulis bahwa akan ada konsen baru di blog ini. Bukan film Transformers 2 "Revenged of Fallen" yang terkenal dan antriannya mengular itu. Ini tentang HOME. Rumah kita atau lebih tepatnya adalah bumi.

Cerita dimulai ketika 4 milyar tahun lalu ketika bumi terbentuk dan kehadiran manusia 200.000 tahun yang lalu merubah kondisi di permukaan bumi. 4 milyar tahun lalu atmosfir bumi tidak seperti sekarang yang penuh dengan oksigen. Atmosfir bumi penuh dengan gas CO2. Saat itu suhu bumi sangat panas seperti tungku yang membara. Selanjutnya bumi pun mengalami pendinginan terjadi embun dan turun hujan. Jarak bumi dengan matahari yang sangat tepat tidak terlalu dekat dan tidak telalu jauh memungkinkan air dalam bentuk cairan dan menjadi sumber kehidupan di muka bumi.

Pada awal kehidupan terdapat archeobacteria yang hidup dengan mengambil makanan dari panas bumi. Dan jenis lainnya adalah cyanobacteria yang dapat mengubah energi matahari dengan proses fotosintesis mengubah menjadi sari pati kehidupan. Inilah nenek moyang dari tumbuh-tumbuhan di seluruh dunia dan disebut juga sebagai alga hijau dan alga biru. 40% warna biru laut disebabkan oleh alga ini. Dan 4 milyar tahun untuk membentuk sebuah evolusi pohon besar dari alga ini. Sebuah evolusi yang sangat lama.

Selalu terdapat jumlah air yang tetap di bumi ini. Sungai, laut, embun, awan , hujan semuanya dalam kadar yang sama dan setiap makhluk hidup meminum dalam jumlah yang sama kadarnya.

Batu karang yang menempati 1% dari seluruh lautan di seluruh bumi berfungsi sebagai tempat hidup ikan, alga, kerang, dan beberapa mikroorganisme laut. Tumbuh-tumbuhan adalah ciptaan Allah yang sempurna mengubah cahaya, dan karbondioksida menjadi O2, dan zat-zat hidup lainnya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang kita makan.

Dan akhirnya manusia memasuki cerita semenjak 200.000 tahun lalu tetapi menguasai seluruh bumi. Setelah 180.000 tahun melakukan nomadik manusia menetap di daerah yang dekat dengan air, ikan, pesisir pantai. Sampai sekarang manusia masih banyak yang menetap di pantai atau sungai. Manusia mengambil keuntungan dari kebaikan alam. Sampai sekarang 1 : 4 manusia masih bergantung pada musim yaitu sekitar 1,5 milyar orang. Jadi begitu besar jumlah orang yang masih bergantung pada kebaikan alam.

Dengan kejeniusannya manusia selalu sadar akan kekurangannya. Mereka menggunakan hewan sebagai alat bantu. Agrikultur ditemukan dan surplusnya dapat digunakan untuk mendirikan dan memberi makan kota-kota. Agrikultur terus dilakukan semakin lama-semakin besar.

Setelah bertahun-tahun kerja dengan menggunakan otot. Akhirnya ditemukanlah minyak. Sebuah emas hitam. Minyak terkurung di dalam bumi semenjak 100 juta tahun lalu dan dalam 50 tahun setelah penemuan minyak bumi telah berubah begitu cepat dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

New York sebagai sebagai salah satu kota yang mengeksploitasi kekuatan emas hitam. Amerika adalah pengguna pertama yang menggunakan minyak. Di ladang mesin dapat menggantikan 100 tenaga manusia 24 jam. Di AS hanya terdapat 3 juta petani dan hasil panen dapat digunakan untuk memeberi makan 2 milyar orang. tetapi tidak semua hasil dikonsumsi oleh manusia sebagian digunakan juga sebagai pakan ternak, dan penghasil minyak bionabati.

Penemuan pestisida dan pupuk menjadikan panen sangat berhasil. Pestisida dan pupuk merupakan revolusi kimia yang membuat agrikultur sangat maju. Tetapi pengaruh lingkungannya sangat buruk.

Semakin besar negara makin banyak daging yang dibutuhkan. Untuk memberi makan ternak diperlukan ber ton-ton beras, kacang-kacangan, biji-bijian berprotein tinggi untuk menghasilkan berkilo-kilo daging. 100 liter air untuk 1 kg kentang, 400 liter air untuk 1 kg beras dan 13.000 liter air untuk 1 kg daging.

Los Angles memiliki jumlah kendaraan yang sama dengan jumlah penduduknya. Tiap malam dibutuhkan energi yang besar untuk menyinari Los Angles. Mobil telah menjadi simbol kesuksesan. Apabila setiap orang di bumi mengikuti gaya hidup ini maka tidak hanya berjumlah 900 juta mobil yang terdapat di bumi ini tetapi 5 milyar.

Banyak barang konsumsi menempuh beribu-ribu km dari negara produsen ke negara konsumen. Semenjak 1950 jumlah perdagangan internasional telah meningkat 20x. 90% perdagangan melewati laut. 500 juta kontainer ditransportasikan tiap tahunnya. Inilah contoh begitu konsumtifnya manusia. dan sangat menghabiskan kekuatan energi minyak bumi yang sangat terbatas.

Contoh negara Dubai memiliki minyak yang dapat membuat pulau buatan di lautan. Dubai mempunyai sedikit pekerja tetapi dapat mengimpor pekerja. Dubai memiliki sedikit air tetapi dapat mendesilasi air laut dengan tenaga besar. Dubai memiliki banyak sinar matahari yang terpancar terus-menerus tetapi tidak terdapat pembangkit solar cell satu pun.

Semenjak 1950 penangkapan ikan 5x lebih besar. Dari 18 juta menjadi 100 juta metrik ton per tahun. Kebanyakan ikan besar punah karena tidak memiliki waktu untuk melakukan reproduksi.

500 juta manusia hidup di padang pasir. Air fosil memberikan kebutuhan air di padang pasir dan dapat mengirigasi sayuran. Tetapi air fosil adalah sumber daya yang tidak dapat terbarukan. Air juga menjadi konsen negara india yang telah menggali berjuta sumur untuk pengairan dan 30% diantaranya telah ditinggalakan karena telah habis.

Hutan Amazon sendiri telah berkurang 20% dan berubah manjadi ladang pertanian kacang untuk memberi makan ternak. Di Borneo atau pulau kalimantan hutan telah digunduli untuk minyak palem yang berguna untuk detergen, kosmetik dan bensin cadangan. Di sisi lain tanaman hutan yang beragam telah digantikan dengan tanaman eukaliptus yang digunakan untuk bubur kertas. Eukaliptus lebih cepat berkembang dan lebih banyak menyerap air tetapi dibawah eukaliptus tidak dapat ditanami oleh tanaman lain karena daun mereka beracun untuk tanaman lain. Pertanian kacang, minyak palem dan eukaliptus adalah bagian kecil dari perusakan hutan.

Semenjak 1950 populasi dunia meningkat 3x lipat. Nigeria sebagai pengekspor minyak terbesar di afrika tetapi 70% pendududknya hidup di bawah kemiskinan. Kekayaan minyak terdapat disana tetapi penduduk skeitarnya tidak memiliki akses kesana. Mungkin sama halnya dengan penduduk Irian Jaya dimana sebagai penghasil timah dan emas terbesar tetapi adalah tempat termiskin di negara Indonesia. Kekayaan dunia hanya dimiliki oleh 2% populasi di dunia. 1:6 orang hidup di ketidaklayakan, kekurangan sanitasi air bersih dan listrik.

Kapal tangker semkin lama semakin besar dan permintaan akan minyak terus bertambah. Transportasi, industri, agrikultur dan penghancuran hutan semakin meningkat.

Greenland adalah sumber 20% air bersih dari semua planet. Jika mencair maka permukaan laut akan naik sehingga 7 meter. Apabila ini terjadi maka akan terjadi pasang air laut di kota-kota pinggir pantai. Ekosistem laut seperti karang pun akan terpengaruh padahal karang adalah tempat hidup bagi hewan-hewan laut. Intinya tidak ada industri di Greenland, tetapi tindakan kita di tempat lain akan berpangruh di ekosistem Greenland dan tempat lain karena tidak ada batasan ekosistem di atmosfer bumi.

Bagaimana kelanjutan bumi apabila 9 milyar mansia tidak mau bertanggung jawab atas yang mereka lakukan sendiri.

Fakta :

1. 20% dari populasi dunia mengkonsumsi 80% sumber daya alam.

2. Dunia menghabiskan 12x lebih banyak dari kepentingan militer untuk memberikan bantuan membangun sebuah negara.

3. 5000 orang meninggal tiap harinya karena meminum air kotor dan 1 milyar orang tak memiliki akses untuk minum air bersih.

4. Hampir 1 milyar orang akan kelaparan.

5. Lebih dari 50% beras ditukar di seluruh dunia digunakan untuk memberi makan manusia dan membuat minyak bio.

6. 40% dari tanah yang subur menderita kerusakan jangka panjang setiap tahunnya dan 13 milyar hektar hutan menghilang.

7. 1 : 4 mamalia, 1 : 8 burung, 1 : 3 amphibi terancam punah. Spesies yang sekarat lebih cepat 1000x dari biasanya.

8. 3/4 ikan telah punah atau dalam ancaman kepunahan.

9. Rata-rata suhu dalam 15 tahun terakhir tercatat tertinggi

10. Lapisan es 40% lebih tipis daripada 40 tahun lalu.

11. Mungkin setidaknya ada 200 juta pengungsi cuaca pada tahun 2050. Karena sikap kita orang lain harus membayarnya.

Sudah terlambat untuk pesimistik ada contoh solusi di seluruh dunia :

1. Lesotho, salah satu negara termiskin di dunia salah satu negara yang mengutamakan pendidikan penduduknya.

2. Qatar, salah satu negara terkaya di dunia telah membuka universitas terbaik, kebudayaan , pendidikan, penelitian dan pembaharuan adalah sumber yang tak bisa habis.

3. Berjuta-juta NGO telah membuktikan bahwa persaudaraan diantara orang-orang lebih kuat daripada keegoisan negara.

4. Di bangladesh seorang pria memikirkan hal yang tak masuk akal dan mendirikan bank yang hanya dipinjamkan pada yang miskin dan dalam 30 tahun, ia telah mengubah hidup 150 juta orang.

5. Antartika adalah daerah yang memiliki SDA yang besar sekali. Antartika tidak dimiliki oleh sebuah negara cadangan alami yang ditujukan demi perdamaian dan penelitian. Sebuah perjanjian dunia yang ditandatangani oleh 49 negara.

6. Di AS, New York telah menyadari apa yang alam lakukan untuk warga New York hutan dan danau memberikan persediaan air pada kota-kota.

7. Di Korea Selatan hutan yang hancur karena perang telah dilakukan deforestation berkat program perbaikan hutan. Lebih dari 75% kertas adalah kertas daur ulang.

8. Costa Rica telah membuat keputusan antara biaya militer dan perlindungan tanah. Negara itu tidak memiliki tentara lagi. Ia memilih untuk mengabdikannya pada pendidikan perekonomian dan perlindungan hutan utama.

9. Terdapat rumah yang menghasilkan tenaga mereka sendiri menggunakan solar panel. 5000 orang yang hidup ec0-economics di daerah Freiburg Jerman. Kota-kota lain mengikuti proyek tersebut dan Mumbai adalah kota yang keseribu yang bergabung dengan mereka. Pemerintah New Zealand, Ice Land, Austria, Sweeden dan negara-negara lain telah mengembangkan tenaga yang bisa diperbaharui menjadi tujuan utama.

10. Telah dilihat lautan ular yang terdapat generator didalamnya dengan gelombang laut dapat menghasilkan listrik.

11. Telah terdapat ladang angin di pesisir Denmark yang menhasilkan 20% dari listrik negara Denmark. USA, China, India, Jerman dan Spain adalah pendana terbesar untuk energi terbarukan dan memiliki lebih dari 2,5 juta pekerjaan. Di belahan dunia mana yang angin tidak berhembus.

12. Telah dilihat padang pasir yang penuh dengan solar panel. Dalam sejam matahari dapat memberikan bumi jumlah tenaga yang sama yang dipakai oleh seluruh manusia dalam setahun. Selama bumi ada, tenaga matahari takkan habis yang perlu kita lakukan adalah mulai berhenti menggali bumi dan mulai melihat langit.


Film HOME memberikan gambar-gambar yang luar biasa indah. Setiap-setiap kejadian dirpresentasikan dengan begitu baik dan begitu indah. tetapi banyak pesan yang terkandng di dalamnya dimana kita harus mengubah kebiasaan buruk kita agar Bumi yang kita tinggali tetap bertahan untuk generasi-generasi manusia selanjutnya.



1 komentar:

raka mengatakan...

great!