Kamis, 02 Juli 2009

10 Teknologi yang akan mengubah hidup anda

sumber : www.livescience.com

1. Perpustakaan Digital
Terkoneksi internet digital dimanapun anda berada menjadi tidak berguna apabila anda mencari berita tentang gosip luna maya dan ariel peterpan. Tetapi informasi secara digital yang menyebar melalui internet terus berkembang. Universitas MIT sudah melakukan kuliah secara online melalui internet. Dan situs pencarian google sudah menawarkan book search yang mendigitalkan buku-buku dan dapat dibaca oleh semua pengguna internet di seluruh dunia. Di masa depan semua perpustakaan di selurug dunia akan di digitalkan dan dapat dibaca di seluruh dunia.

2. Terapi Gen/Stem Cell
Kebanyakan penyakit turunan tidak dapat disembuhkan karena sudah terdapat di gen manusia semenjak lahir. Tetapi para ilmuwan akhir-akhir ini bekerja untuk memperbaiki gen yang yang menyebabkan penyakit turunan tersebut. Mungkin suatu hari penyakit turunan genetika dapat disembuhkan seperti pneumonia.




3. Wireless Internet and Wireless Broadband
Teknologi 3G, HSDPA, 4G, WiMAX dan seterusnya membuat orang dapat terkoneksi dengan wireless Internet dan Wireless Broadband dimana saja, disepanjang hari. Memungkinkan konektivitas mobile kecepatan tinggi dan terhubung, berkomunikasi dengan semua orang diseluruh dunia. Membaca email dan mendownload attachment email sekarang mudah dilakukan. Membuat anda susah lari dari rutinitas untuk refreshing kecuali anda matikan mobile phone anda.


4. Mobil Robot
Robot merupakan gabungan teknologi mekanik dan elektronik yang dapat membantu manusia menangani hal mekanis berbahaya dan berulang-ulang. Robot sering dipakai di industri manufaktur. Teknologi robot mulai dikembangkan di universitas-universitas. Bagaimana apabila mobil kita robot dan kita tinggal memberikan lokasi tujuan kita. sehingga tidak perlu capai menyetir. wow seperti dalam filmnya Will Smith I, Robot.

5. Solar Cell yang lebih baik dan lebih murah
Harga dari cell photovoltaic yang berguna untuk merubah sinar matahari menjadi listrik semakin turun. Dengan semakin baik kualitas solar cell dan harganya yang semakin rendah solar cell dapat menjadi fitur standar sebuah rumah. Sehingga rumah anda bisa memenuhi sendiri 1/3 kebutuhan listriknya dan sedikit bergantung dengan PLN. Swadaya Listrik sendiri!



6. Location Based Computing
Komputasi berbasis lokasi di masa mendatang akan menjadi trend. Didukung oleh kemampuan mobile phone yang semakin canggih dilengkapi dengan GPS dan koneksi internet wireless super cepat. Informasi berbasis lokasi akan semakin powerfull. Untuk lebih jelasnya tentang LBS bisa dibaca di artikel sebelumnya di blog ini.





7. Dekstop 3D printing
Daripada pergi ke Mall untuk membeli gadget idaman anda. Anda mungkin dapat mendownload desain tersebut dari internet dan mem printnya menggunakan desktop 3D printer. Langkah selanjutnya adalah anda mem-posting desain anda dan memprintnya menggunakan dekstop 3-D printer. Desain piring, gelas, mangkok dan lain-lain mungkin tinggal anda print sendiri. Wow sangat futuristik.



8. Melewati Batas Hukum Moore
Hukum Moore berkata bahwa keberadaan komputer akan berlipat dua setiap tahunnya. Tetapi beberapa tahun ini hukum tersebut sudah terlewati. Dan juga produksi chip komputer sudah melewati hukum moore tresebut. Komputasi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Setiap rumah memiliki PC dan smart mobile phone yang dapat melakukan pekerjaan layaknya komputerpun semakin banyak dibeli,

9. Kloning Organ
Ingat kekacauan di film Arnold saat ada kloning dirinya. Hii. Tetapi kloning dapat digunakan untuk kesehatan. Apabila ada organ yang rusak maka organ kloning dapat mengganti organ yang rusak tersebut. Apa iya ya...



10. Bahan bakar hidrogen
Bahan bakar hidrogen digadang-gadang dapat menggantikan bahan bakar fosil minyak bumi. Beberapa teknik seperti fuel cell berguna untuk pemecahan molekul Air menjadi hidrogen dan oksigen. Naa hidrogen inilah yang digunakan sebagai sumber listrik. Tetapi pemecahan ini membutuhkan energi yang besar.
Jadi bahan bakar hidrogen sebenarnya cuma air ya hanya air. Sampai sekarang bahan bakar hidrogen masih dalam tahap perkembangan.

Tidak ada komentar: