Sabtu, 17 April 2010

European Satellite Navigation Competition 2010

Sekedar ingin share teman-teman

Ada yang sudah pernah dengar European Satellite Navigation Competition atau singkatannya adalah ESNC. ESNC diadakan oleh The European Union and European Space Agency untuk memperkaya aplikasi menggunakan GALILEO. Nah GALILEO sendiri adalah sistem Navigasi layaknya GPS Amerika yang dikerjakan bersama-sama dibawah kerjasama bangsa-bangsa Eropa tadi.

GALILEO direncanakan akan beroperasi pada tahun 2012. Satelit eksperimen pertama sudah diluncurkan tanggal 28 Desember 2005. GALILEO diharapkan dapat kompatible dengan sistem GPS yang sudah di-modernisasi. Kombinsi sinyal dari satelit GALILEO dan GPS akan memberikan akurasi yang lebih baik.

Nah ESNC sendiri merupakan kompetisi untuk memperkaya aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan sistem navigasi, location based service, aviation dll. Selain dapat berupa aplikasi di sisi user dapat juga teknik untuk meningkatkan keakuratan dari sisi teknologi satelitnya sendiri.

Beberapa perusahaan eropa yang berkecimpung di bidang navigasi seperti GSA, T-system, NAVTEQ dll turut serta dalam kompetisi ini juga juga beberapa pemerintah daerah di Eropa sana. Untuk regional asia baru diikuti oleh Taiwan (Taipei) dan Arab. Regional di luar Eropa yang turut serta adalah australia, israel dan juga amerika (indonesia belum -> terima jadi kayaknya).

Jadi setiap peserta yang akan mengirimkan proposal ide (proposal dikirimkan secara online melalui web www.galileo-masters.eu ) berhak memilih perusahaan dan juga pemerintah daerah yang ia inginkan untuk beradu ide. Setiap perusahaan dan lokasi akan memberikan prize sendiri-sendiri yang biasanya
berupa penelitian 3 sampai 6 bulan dan juga bussines coaching untuk mengembangkan proposal ide tersebut menjadi produk yang layak jual.

Apakah dari Indonesia ada yang ikut?

Ya ada, tahun akhir 2009 lalu saya dan tim (Nuraksa Makodian, Arie Wahyuning Tiyaz) mengikuti kompetisi ini dan alhamdullilah kita juara 3 di Regional Gipuzkoa/Spain. Judul yang kita ajukan adalah tema yang saya menangkan di IWIC 2007 lalu dengan pengembangannya dengan harapan dapat ditindak lanjuti menjadi produk jadi, karena reward yang dijanjikan berupa dana penelitian, fasilitas, koneksi ke dunia industri dan lain-lain yang berhubungan dengan pengembangan produk menjadi produk jadi yang siap dikomersialkan.

Berikut abstraksi judul yang kita ajukan :


Traffic Management Solution

"Traffic jam and air pollution are big problem in big city, such as in Jakarta. Information and Telecommunication Technology can give better solution to reduce traffic jam. The Idea is named Traffic Management Solution. The idea is implement image recognition in traffic light intersection to recognize traffic condition using camera, process it with high speed microcontroller, knowing it have long car queue or short queue, send it wirelessly using wireless modem to Traffic Management Server, and all road user can access this information using SMS to know which intersection have long traffic jam, MMS to see image condition, see map with traffic condition via website or using our application in mobile phone to know fastest way avoid traffic jam to get point to point. Beside that our microcontroller system also use information from image recognition to update timers in traffic light. So traffic light’s timers is no longer static, it will be dynamically change depend on traffic condition."

Tetapi karena alasan keterbatasan dana, reward penelitian tersebut hanya diperuntukkan untuk pemenang juara 1 kita nggak hiks-hiks... Tapi yang membanggakan dari puluhan pemenang yang berasal dari lokal Eropa ada satu nama dari Indonesia horee. Ini menandakan ide kita nggak kalah asalkan mau berusaha. Beberapa undangan presentasi juga ada dari pantia sayangnya nggak ada budget dan nggak ada sponsor jadi ya mohon maaf gak bisa datang.

So ada yang mau ikut untuk ESNC 2010. Siapa tau dengan diberondong dengan ide-ide cemerlang dari Indonesia mereka akan buka cabang untuk penelitian di Indonesia. Oh ya mereka juga mementingkan hak paten karena setelah dipublikasikan di kompetisi siapa tau ada yang ingin mencuri-curi jadidiamankan dulu deh patennya..

Untuk informasi lebih lanjut tentang ESNC klik di www.galileo-masters.eu

Selamat mencoba...

Regards

Lingga





3 komentar:

Anton_Dewantoro mengatakan...

Oh galileo jadi jalan to, jelaslah Eropa. Kalau jakarta monorel saja tidak jalan

Lingga Wardana mengatakan...

key butuh duit brapa untuk buat proyek ini..bilang jaaa..20 juta..aku siapin...no rekening mua kirimin oke saudara kembaranku...

Lingga Wardana mengatakan...

key butuh duit brapa bilang...saya insya allah akan trealisasikan...