Sabtu, 03 September 2011

Ayo berkenalan dengan para investor

Permodalan adalah permasalahan utama bagi para entrepreneur dan startup. Bantuan permodalan dari investor adalah salah satu cara untuk tetap mempertahankan bisnis dan mengembangkannya. Pastikan bahwa bisnis Anda memiliki business plan yang bagus dan bertemulah dengan para investor untuk merealisasikan ide bisnis Anda.

Mari kita berkenalan dengan beberapa investor

1. East Ventures



East Ventures adalah sebuah internet business ventures berbasis di Jepang dan Singapura. East Ventures didirikan empat mitra dengan pengalaman dan background saling melengkapi, yaitu Batara Eto - ex-CTO dan co-founder mixi.jp, Taiga Matsumaya - investor dan pendiri perusahaan berbasis internet di jepang yang beberapa di antaranya diakusisi Yahoo! Jepang, Willson Cuaca - pendiri Apps Foundry yang berpengalaman dalam mobile application,dan Chandra Tjan yang berpengalaman dalam finance, marketing dan management.

Beberapa perusahaan startup telah diakuisisi oleh East Ventures antara lain Urbanesia.com, TeknoUp.com, Tokopedia, disdus.com, Apps Foundry, Scraplr, SoybeanSoft, Nightspade

2. Project Eden
http://eden.co.id



Project Eden adalah program inkubasi yang menjadi akselerator bagi perusahaan-perusahaan start-up agar siap bersaing di dunia bisnis digital dengan ilmu dan strategi yang cukup.

Project Eden menyiapkan sebuah hackerspace di daerah Menteng yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan start-up untuk menjalani program inkubasi.

Selama program inkubasi berlangsung, perusahaan start-up bisa melaksanakan kegiatan perusahaannya secara normal. Masing-masing perusahaan yang berkantor di hackerspace tetap menjadi pemilik perusahaannya sendiri dan tetap memiliki hak untuk memanajemen perusahaannya. Project Eden akan menyediakan fasilitas legal (badan hukum), administrasi, dan jasa pengaturan keuangan sehingga pendiri start-up bisa fokus kepada pengembangan produk.

Project Eden juga akan membantu memperluas jaringan kepada komunitas dan workshop-workshop terkait enterpreneurship di dunia digital, membantu jaringan koneksi kepada investor, dan juga menyediakan mentor-mentor yang ahli di bidangnya untuk menambah wawasan dan kesiapan perusahaan start-up bersaing di bisnis digital yang sebenarnya.



3. Merah Putih Inc
http://merahputih.co.id



Sekilas tentang Merah Putih Inc., inkubator lokal ini hadir untuk memberikan peran dalam mendukung perkembangan startup lokal, dengan bentuk inkubator dan tagline ‘Ignite the Ideas’, Merah Putih tidak hanya memberi dana investasi, tetapi terutama juga memberikan dukungan dalam hal mentoring, nasihat dan konsultasi dari sudut pandang bisnis, strategi monetisasi, serta pemasaran, termasuk juga dukungan ruang kantor serta fasilitas pendukung lainnya. Manajemen di balik Merah Putih Inc. adalah Danny Wirianto (Chairman), Antonny Liem (CEO), Herman Kwok (CMO), David Wayne Ika (Senior Vice Preseident).

Sebagai informasi tambahan Merah Putih Inc. saat ini telah menginkubasi 6 startup lokal yaitu LintasBerita, KrazyMarket, InfoKost, AdsOnIt, Bolalob serta DailySocial. Mereka juga akan menambah startup lokal lain untuk diinkubasi dengan portfolio yang berfokus pada startup lokal berbasis komunitas, e-commerce, games dan platform mobile.

4. Batavia Incubator

http://batavia-incubator.com



Batavia Incubator adalah lembaga inkubasi pendatang baru yang diresmikan pada bulan July 2011 lalu sebagai joint venture antara Rebright Partners – inkubator asal Jepang dan Corfina Group – Indonesian Financial Group. Batavia Incubator siap untuk memulai aktivitas sebagai inkubator yang memfokuskan diri untuk menginkubasi pada layanan internet/layanan mobile di Indonesia.

Target Batavia Incubator adalah seed stage start up, termasuk tim yang terdiri dari orang muda dan bukan entitas hukum, dimana mereka memberikan dana awal untuk menjadi jembatan ke pendanaan selanjutnya, tipe standar inkubator. Kami telah mendengar tentang desas-desus berita ini sejak sebulan yang lalu, dan akhirnya mereka telah menyelesaikan semua kesepakatan dan siap untuk memasuki pasar investor/ekuitas swasta/inkubator/akselerator yang kini sangat ramai di Indonesia.

Salah satu perusahaan yang telah resmi dalam program inkubasi mereka adalah Bukalapak.com. BukaLapak sendiri adalah sebuah platform commerce, di mana orang dapat menempatkan barang/produk untuk dijual, dan menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk membeli berbagai barang. Meskipun situs tersebut tidak pernah berkomitmen untuk niche tertentu, Bukalapak.com menjadi populer lewat komunitas pengendara sepeda di Indonesia dan sekarang menjadi pilihan utama bagi pengguna yang ingin mencari produk/barang yang berkaitan dengan sepeda.

5. Investidea
http://www.investidea.net



Investidea adalah sebuah VC company yang relatif baru di Indonesia. Diluncurkan pada awal tahun 2011. Investidea telah deal untuk melakukan investasi di Bistip, Kartumuu dan Whuzznet. Bistip adalah sebuah startup dimana anda bisa menitipkan barang untuk dijual, Kartumuu adalah lulusan SparxUp 2010 di bisnis kartu ucapan online, sedangkan untuk Whuzznet sepertinya masih belum diluncurkan.

Investidea sendiri mengaku lebih mengarah ke inkubasi dan bukan sekedar VC biasa, dimana mereka juga membantu memberikan space kantor untuk portfolio companies mereka, dan juga mentoring dari pakar di bidang teknis dan non-teknis.

Beberapa poin penting mengenai Investidea :

Investidea dibentuk oleh orang-orang Indonesia yang pernah belajar dan bekerja di sektor teknologi tinggi di luar negeri.

Investasi yang mereka lakukan adalah $100.000 per startup yang mengembangkan layanan di bidang teknologi, media, atau sektor telekomunikasi, terutama yang berfokus pada bisnis mobile.

Social commerce sebagai tren dan kesempatan terbesar dan jika dikombinasikan dengan mobile, akan lebih semakin bagus.

6.Mekar - Entrepreneur Network

http://mekar.biz



Tidak seperti poin-poin sebelumnya kita membahas VC Company, Mekar adalah jembatan bagai entrepreneur untuk bertemu dengan 'angel Investor'.

Berikut ulasan dari Kompas.com mengenai Mekar

Wirausaha sering kali terhambat untuk berkembang karena masalah permodalan. Kehadiran angel investor, individu atau kelompok yang memiliki dana dan bermurah hati mendukung wirausaha, menjadi jawaban dari masalah ini.

MEKAR Entrepreneur Network, unit bisnis sosial dari Putera Sampoerna Foundation, memfasilitasi wirausahawan untuk bertemu dengan angel investor. Tak sedikit jumlah angel investor di Indonesia, apalagi anak muda yang memilih mandiri dengan berwirausaha. Namun, sering kali usaha yang dijalankan mogok di tengah jalan karena kesulitan keuangan.

Kondisi yang paling banyak ditemui dan menjadi rintangan terbesar wirausahawan adalah equity gap, yaitu kesenjangan yang terjadi ketika tabungan pribadi atau dana dari keluarga dan teman tak lagi dapat mempertahankan dan menumbuhkan bisnis. Pada saat yang sama, bisnis tersebut kekurangan jaminan dan jejak rekam yang diperlukan untuk mendapatkan pendanaan institusional atau investasi dari pemberi modal usaha.

Di sinilah peran angel investor yang hadir untuk mengisi kesenjangan (equity gap) dengan berinvestasi. Sebagai kompensasinya, angel investor mendapatkan saham dari usaha UKM tersebut.

MEKAR menjembatani kedua kebutuhan ini, yaitu wirausahawan yang butuh suntikan modal sekaligus bimbingan, serta investor yang punya uang dan pengetahuan untuk berbagi kepada pebisnis pemula.

Akses modal dan pengetahuan


Peran MEKAR adalah menjadi fasilitator kewirausahaan. Fungsi utama yang paling dibutuhkan wirausahawan adalah kesempatan untuk mendapatkan investor. Direktur MEKAR Charles Nagy menjelaskan, sejumlah tahapan perlu dilalui wirausahawan hingga akhirnya mencapai kesepakatan kerja sama dengan angel investor.

"Hal pertama yang dilakukan MEKAR adalah menyebarkan pengetahuan kepada investor dan entrepreneur. Baik investor maupun entrepreneur bisa registrasi tanpa biaya di website MEKAR. MEKAR menyaring entrepreneur dan rencana bisnis yang dibuatnya untuk dipertemukan dengan angel investor yang sesuai. Tahapan dari registrasi hingga mempertemukan investor dan entrepreneur rata-rata butuh waktu 2-3 bulan. Namun, untuk sampai pada kesepakatan final, tergantung pada pembicaraan kedua belah pihak," jelas Nagy dalam acara Journalist Class yang diadakan MEKAR di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Entrepreneur bisa langsung registrasi tanpa biaya di situs web MEKAR. Setelah Anda mendaftarkan rencana bisnis Anda, MEKAR akan membantu menemukan investor yang tepat.

Untuk mendukung wirausaha, dibutuhkan angel investor yang bersedia berbagi. Karenanya, investor juga bisa mendaftar tanpa biaya. Selanjutnya, angel investor bisa melihat-lihat profil bisnis entrepreneur yang ditayangkan melalui MEKAR.

"Untuk entrepreneur, perlu membayar biaya mem-posting rencana bisnis sebesar Rp 1 juta. Rencana bisnis yang di-posting melalui website MEKAR ini nantinya akan dibantu dipertemukan dengan angel investor," jelas Nagy.

Selain akses permodalan, MEKAR juga menyediakan kegiatan rutin bulanan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha, di antaranya seminar entrepreneur berisi pembuatan rencana bisnis yang baik dan menarik bagi angel investor, seminar investor berisi pengenalan ke angel investor, serta networking event, yakni pertemuan wirausahawan dan angel investor.

"MEKAR juga menyediakan jasa coaching membuat rencana bisnis yang baik dengan biaya Rp 2 juta," tambahnya.

Meski baru beroperasi pada Januari 2011, jasa yang diberikan MEKAR mendapat sambutan hangat dari wirausahawan Indonesia. Dalam hitungan bulan, ada empat kesepakatan bisnis yang terjadi antara wirausahawan dan angel investor melalui MEKAR. Kini, MEKAR memiliki 1.223 wirausahawan yang terdaftar, 144 angel investor, dan 293 rencana bisnis.

So siapkah Anda untuk terjun ke dunia entrepreneur?

Sumber : dailysocial.net dan berbagai Sumber

Tidak ada komentar: