Minggu, 04 September 2011

Digital Startup Community

Tidak dapat dipungkiri bahwa komunitas memberikan wadah aspirasi bagi para digital startup untuk saling bersilaturahmi di dunia nyata, sharing ide, bertukar informasi bahkan sampai bertukar kesempatan bisnis. Tidak jarang para startup mendapatkan ilmu-ilmu non technical yang benar-benar aplicable yang membantu perusahaan untuk grow-up. Berikut beberapa komunitas digital startup yang berhasil saya rekap. Silahkan menginformasikan apabila ada informasi yang lebih update.

1. FreSh




FreSh (Freedom of Sharing). FreSh merupakan ajang diskusi, kumpul-kumpul, networking, sharing ilmu antara kita semua yang hidup dalam industri kreatif.

Forum berbagi ide ini diharapkan akan terus berlangsung reguler sehingga akan semakin membuka wawasan/insight kita dalam dunia kreatif. Mudah-mudahan kita bisa saling tahu trend apa yang kini populer, hambatan apa yang dihadapi, dan solusi apa untuk mengatasinya.

Siapa saja, baik itu desainer, programmer, animator, marketing, advertising, arsitek, pengusaha online, musisi, filmis, penulis, dan profesi lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam forum ini. Tentunya, dengan harapan setiap pesertanya bisa berinisiatif menyampaikan gagasan, solusi, ataupun sekedar berbagi ilmu baru.

2.StartUp Lokal




Komunitas #StartupLokal adalah komunitas yang mengumpulkan pemilik startup, peminat dunia digital, developer, investor dan media untuk bertemu dan menemukan kesempatan berkolaborasi. Komunitas ini telah dimulai sejak bulan April 2010 dan semakin pesat perkembangannya.

Komunitas #StartupLokal memiliki 3 varian acara antara lain #StartupLokal Meetup yang diadakan setiap hari kamis minggu pertama setiap bulannya, #StartupLokal Echo merupakan lanjutan dari Meetup yang biasanya diadakan setiap hari sabtu minggu pertama, dan #StartupLokal Storm yang diadakan bekerjasama dengan partner #StartupLokal. #StartupLokal Meetup & #StartupLokal Echo adalah acara yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran.

Rata-rata yang hadir pada #StartupLokal Meetup sekitar 150 peserta dan terus bertambah. Topiknya bervariasi mulai dari komunikasi, branding, public relation, investment dan semua topik yang berhubungan dengan dunia startup. Kami memfokuskan topik pada aspek bisnis dari startup.

#StartupLokal di-inisiasi oleh 4 inisiator setiap bulannya. Mereka adalah Aulia Halimatussadiah (Ollie @salsabeela), Natali Ardianto (@nataliardianto), Nuniek Tirta (@nuniek) dan Sanny Gaddafi (@SaGad). Inisiator #StartupLokal memiliki reputasi baik sebagai founder dan pemilik beberapa startup terkemuka di Indonesia.

Untuk segala support dan kerjasama dengan #StartupLokal silakan kontak inisitator di all@startuplokal.org

3. FOWAB - Forum Web Anak Bandung




FOWAB merupakan singkatan dari Forum Web Anak Bandung, yang digagas oleh iCreativelabs, Chocaholic, Gagas Imaji, RaveWarrior, Galenic dan ThinkRooms. Berawal dari ngobrol di Twitter, kami mencoba untuk bertemu dan membicarakan apa yang bisa kami lakukan untuk memajukan bangsa ini.

FOWAB merupakan komunitas kreatif yang terhubung melalui internet. Kami tidak tertutup untuk hanya orang IT, tapi siapapun mereka yang merasa berjiwa kreatif dan punya tujuan yang sama yaitu ingin memajukan bangsa ini dengan kemampuan yang kita miliki.

Kami adalah grassroots movement yang mencoba membantu teman-teman kreatif untuk berkembang dan berjalan bersama dalam dunia kreatif. Menggunakan kemampuan untuk membuat sesuatu yang bisa berguna buat bangsa ini. Tidak menunggu dukungan dari pemerintah dan investor untuk bergerak tapi justru kami mencoba membuat mereka bergerak dengan melihat apa yang bisa kita lakukan.

Buat kalian yang tertarik untuk ikut, silakan bergabung dengan event dan kegiatan kami tanpa perlu ada administrasi keanggotaan. Cukup ikuti kegiatan kami di Twitter dengan account @fowab, Facebook page kami di facebook.com/fowab, serta tentunya pantau website ini.

Untuk menghubungi kami kalian bisa menggunakan kontak berikut ini:

Unofficial office:
Hackerspace Bandung
Jl. Taman Sari No 3 Bandung
email: halo@fowab.org
twitter: @fowab

4. Bancakan 2.0




Berawal dari sebuah pertemuan yang lalu dengan Rama Mamuaya di Yogyakarta, akhirnya terbentuklah keinginan untuk terus berdiskusi dan meng-update diri tentang perkembangan startup lokal dan juga application development yang ada di Yogyakarta. Yogyakarta diakui memiliki sumber daya manusia yang potensial di dunia IT mengingat sebagian besar pegiat IT di Yogyakarta adalah mahasiswa. Potensi ini memungkinkan adanya pertumbuhan-pertumbuhan startup baru yang tidak �terdeteksi� oleh radar.

Berangkat dari kemauan dan keinginan untuk menyatukan langkah dan berbagi bersama mengenai startup lokal dan application development (terutama berbasis web), maka dibentuklah Bancakan 2.0.

Apa itu Bancakan 2.0?
Dalam bahasa Jawa, Bancakan berarti berbagi dalam kebersamaan. Angka two point O di belakang berarti teknologi 2.0 yang sudah tidak asing lagi. Jadi bisa disimpulkan bahwa Bancakan 2.0 adalah berbagi tentang teknologi (fokusnya startup dan apps development) dalam suasana kebersamaan. Semangat itu yang ingin dibangun dalam Bancakan 2.0 ini.

Apa diskusi dan fokusnya?
Startup dan application development, terutama web development. Ruang lingkup startup sudah jelas. Application development meliputi web development, web services, CMS, serta pemanfaatan API.

Tujuan dari Bancakan 2.0?
Menjadi bahan kopdar sesama startup-ers dan apps developer di Jogja. Sebisa mungkin berbagi informasi dan saling melengkapi diantara anggota maupun partisipan yang terlibat. Berbagi pengalaman, ilmu, dan semangat. No limit. No boundaries.

Bagaimana dengan komunitas lain di Jogja?
Bancakan 2.0 akan secara sinergis bekerja sama dengan Cah Andong, JOGTUG (Jogja Twitter User Group), dan Yogyafree. Masing-masing komunitas memiliki keunikannya masing-masing. Dan Bancakan 2.0 akan melengkapi komunitas yang ada di Kota Pelajar ini.

Lalu, apa lagi?

Bancakan 2.0 menetapkan basecamp-nya di AngkringQ, Jl. Pandega Satya No. 10 Kaliurang KM. 5,3 Yogyakarta 55281. Situs resmi bancakan yaitu di bancakan.org.

Sumber : rumahdot.com


5. SUWEC - Surabaya Web Community




suWec merupakan komunitas para pelaku industri web yang ada di Surabaya. Beragam profesi bidang internet hadir dalam komunitas ini. Di antaranya dalam bidang web development, web server, internet marketing, e-commerce, online media, blogger, online content marketing, social media marketing, dan lain-lain.

Paling tidak sebulan sekali komunitas ini mengadakan kopi darat (kopdar) untuk sekedar temu kangen, berbagi, dan membahas isu-isu terkini tentang industri web.

Keanggotaan komunitas ini terbuka. Artinya, bagi siapa saja yang tertarik, mempunyai minat dalam bidang web dapat bergabung dengan suWec.

Tujuan utama adanya komunitas ini adalah untuk ikut memajukan industri web Indonesia. Cara yang dilakukan antara lain dengan saling berbagi ilmu tentang web melalui kopdar, mengadakan seminar dan pelatihan, mengembangkan aplikasi web bersama, serta sesekali mengelola proyek bersama.

Jika Anda tertarik bergabung dengan komunitas ini, mari bergabung bersama kami. Temui kami di Facebook , di Twitter @suWec atau di milis.

6. Subali - StartUp Bali



Startup Bali atau disingkat SuBali adalah komunitas startup dan technopreneur di Bali. SuBali diharapkan bisa menjadi media komunikasi dan sharing knowledge antar startupers, serta wadah inkubasi startup di Bali.

SuBali

* Mailing list
* Twitter
* Facebook Group
* Website

Tidak ada komentar: