Minggu, 23 Oktober 2011

HubSpot : Inbound Marketing dan Web 2.0


Hubspot (www.hubspot.com) adalah Perusahaan Internet Marketing yang tidak sekedar menawarkan perangkat lunak aplikasi pemasaran, tapi juga memberikan cara baru pemasar untuk mencapai pelanggannya. 

Pendiri HubSpot

Halligan dan Shah mendirikan HubSpot pada tahun 2006. Kombinasi antara Halligan’s marketing, sales dan ahli modal usaha dengan Shah memiliki pengetahuan mengenai teknologi dan berpengalaman sebagai pengusaha yang sukses. Dengan kekuatan business plan, mereka menarik financial partner utama. 

Inbound Marketing


Dalam lingkungan saat ini, efektivitas pemasaran outbound berkurang, konsumen merasa dibombardir dan dibanjiri pesan-pesan komersial. HubSpot membangun produk perangkat lunak yang membantu perusahaan untuk melaksanakan program pemasaran inbound untuk menambahkan atau menggantikan program outbound mereka yang tradisional. 



Direct mail, pameran perdagangan dan telemarketing semakin berkurang dalam menghasilkan bisnis baru.  Sebaliknya perusahaan menemukan bahwa search engine, blog, dan media sosial yang dapat menghasilkan bisnis baru di tingkat yang lebih tinggi.

Untuk memaksimalkan pemasaran inbound dibutuhkan 3 ketrampilan yang berbeda;
  1. Kemampuan untuk menulis konten menarik yang akan menarik pelanggan untuk bisnis.
  2. Kemampuan untuk mendistribusikan konten itu sehingga mudah ditemukan oleh calon pelanggan menggunakan mesin pencari, yang membutuhkan pemahaman yang canggih dari optimisasi mesin pencari.
  3. Kemampuan untuk menarik dan melibatkan komunitas pengikut yang berinteraksi dengan konten, ditambah pemikiran mereka kedalam dialog yang berkelanjutan dan disebarluaskan ke lainnya.
Salah satu keunggulan pemasaran inbound adalah di desain untuk menciptakan konten yang menarik hanya kepada pelanggan yang tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini sangat berlawanan dengan pemasaran outbound tradisional dimana pesan bisnis disampaikan kepada banyak penonton yang terdiri dari banyak orang yang bukan pada pasar produk tersebut. Hal ini menciptakan efisiensi dalam pemasaran.

Volpe memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan inbound adalah 5-7 kali lebih rendah dari yang dbutuhkan oleh pemasaran outbound. Bisnis telah meningkatkan porsi anggaran mereka yang disediakan untuk pemasaran inbound, khususnya bagi industri B2B. Dimana 37% dihabiskan untuk pemasaran inbound dan 30% untuk pemasaran outbound. Ini dapat memberikan biaya yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi, pemasaran inbound memungkinkan bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar dengan cara yang tidak pernah mungkin dalam dominasi dunia pre-internet oleh media massa. Bisnis kecil menyadari bahwa pemasaran inbound membantu tingkat bermain dilapangan dan lebih agresif mengalokasikan anggaran mereka untuk pemasaran inbound.

Produk HubSpot

  • Content Design: Menawarkan content management system (CMS), perangkat lunak yang membuat dan mengedit content online secara mudah.
  • Exposure Optimization:  berisi serangkaian alat yang dirancang untuk membantu pelanggan membuat konten mereka lebih terlihat dipublikasikan di internet
  • Lead Tracking dan Intelligence: perangkat lunak HubSpot memiliki analisis intelejen pemasaran untuk melacak interaksi para pelanggan dengan content perusahaan.

HubSpot menggunakan strategi harga perangkat lunak sebagai sebuah pelayanan untuk produknya. Daripada membayar biaya dimuka yang besar, pelanggan membayar biaya bulanan yang lebih kecil. Biaya rendah HubSpot dan kemudahan penggunaan untuk pemula web 2.0 adalah keunggulan kompetitif.

Pasar HubSpot

Halligan dan shah membayangkan bahwa HubSpot akan menjadi market leader dari industri yang diukir oleh perusahaan perangkat lunak dan perusahaan konsulting yang fokus dalam membantu mengisi  bisnis dan mengelola saluran pelanggan mereka.

Corong pelanggan dibagi menjadi tiga kegiatan utama:

  • Menciptakan Traffic : Tujuan teratas pada saluran itu untuk menarik sejumlah besar calon pelanggan.
  • Menganalisis dan kualifikasi mengarah: Tujuan menengah adalah untuk menilai potensi calon pelanggan yang berbeda yang dibawa oleh program-program generasi pemimpin.
  • Menutup penjualan: Tujuan paling bawah dari saluran pelanggan adalah mengubah prospek menjadi pelanggan.


Mengisi Saluran Pelanggan Hubspot

Hingga 2009, HubSpot memiliki 1000 pelanggan yang sangat beragam. HubSpot menarik pelangan-pelanggan ini melalui pemasaran inbound, dengan mempraktekan apa yang telah mereka khotbahkan dengan menggunakan perangkat lunak mereka.

Pemasaran inbound HubSpot yang paling sukses adalah freeware, small software programs yang disediakan untuk gratis dan dapat diakses melalui internet.

Perusahaan menghasilkan hampir 50% dari arahan corongnya. Arahan berkualitas rendah tidak akan diberi perhatian lebih lanjut. Sisanya di ukur menggunakan skala 1 (kemungkinan rendah berkonversi) hingga 10 (kemungkinan tinggi berkonversi)

Pemasaran inbound  HubSpot tidak menargetkan jenis pelanggan tertentu, HubSpot menemukan dirinya menarik sebuah set yang beragam. Pelanggan HubSpot berasal dari banyak jenis industry, termasuk pelayanan professional, pelayan kesehatan, perangkat lunak, real  estate, dan konstruksi material. Terdiri dari bisnis menjual ke bisnis lainnya(B2B), serta bisnis yang menjual langsung ke para konsumen (B2C). 


Tidak ada komentar: