Kamis, 18 September 2014

Menapak Tilas Desain Flyer Floatway Systems

Beberapa hari ini saya lagi semangat-semangatnya untuk menulis di blog indonesia belajar. Tercetus ide untuk menapak tilas flyer-flyer yang pernah dibuat oleh Floatway untuk training publik dari pertama kali training pada tahun 2011 sampai pada saat ini Bulan September 2014. Dan berikut tapak tilas dari desain flyer PT Floatway Systems. Selamat Menikmati.

Ini adalah desain awal-awal untuk flyer training waktu itu 2G RF Planning and Optimization. Dengan kop warna biru floatway dan bergaris kuning. Background gambar yang mendukung untuk informasi training dan ditumpuk dengan layer transparan berisi informasi mengenai syllabus training. Yang paling menarik adalah di sisi kanan ada penjelasan mengenai siapa sebenarnya PT Floatway Systems. Desain ini saya tiru dari sajian makan di pesawat KLM yang menerangkan isi makanan di dalamnya dengan paragraf yang elegan.



Cerita yang menarik adalah dengan desain yang sama kita pernah mencoba untuk mengadakan 3G Holiday Fun Training di Jambuluwuk Bogor. Alhasil karena keminatannya tidak terlalu banyak lokasi Jambuluwuk kita pakai sendiri untuk tempat outing internal Floatway :)



Ini adalah sebuah desain trobosan! Yang didesain oleh Pak Deni Rosiska untuk Training yang berjudul VBA Training (Designed for RF Optimization Engineer). Desain cantik ini pertama kalinya kita menggunakan foto gedung-gedung yang menjulang tinggi. Foto adalah hasil karya teman kita Roy Ambarita.



Training 2G & 3G RF Planning and Optimization yang diadakan bulan Juni dan Juli 2012 ini menggunakan desain yang hampir sama. Keduanya adalah karya sang maestro Deni Rosiska. Menggunakan background warna abu-abu yang bergradasi dengan tulisan berwarna hitam. Untuk ukuran canvas yang sebelumnya seukuran kertas A4 sekarang dirubah seukuran power point. Untuk background gambar difoto oleh teman saya ex NPTQ Siemens Nurdiansyah Huda untuk yang foto pemandangan di Dubai dan Wayan Sarnata untuk foto di pantai Losari Makassar. Keduanya mulai memperkenalkan logo Floatway yang berwarna putih polos. Nice Design!




Untuk desain 3G RF Planning and Optimization dan 2G/3G Drivetest Optimization bulan Maret 2013  keduanya didesain oleh saya. Terinspirasi tentunya dari desain Deni Rosiska. Menyertakan gambar disebelah kiri dan informasi training disebelah kanan. Mas Anton Dewantoro pernah nyeletuk bahwa warna-warnanya mirip dengan desain Windows 8. Mungkin benar juga :) ya dan warna-warna ini sudah pernah digunakan sebelumnya tetapi lebih kentara di kedua desain ini. Foto hasil karya teman saya Nurdiansyah Huda.


Jujur ini adalah salah satu desain favorit saya. Desain ini diperuntukkan untuk training 4G RF Planning and Optimization bulan April 2013. Mas Anton (lagi-lagi) berkata ini gambar orang Afrika yang duduk dengan tas belanja Matahari. Tapi menurut saya desain ini cantik. Memang gambarnya diambil di Afrika Selatan oleh Mas Teguh senior saya di Teknik Elektro UGM. Didalamnya tercantum tulisan "LTE commercial network already launched in many countries including in Africa. Soon in Indonesia." yang menunjukkan ketertinggalan Indonesia di implementasi 4G. Setahun kemudian implementasi 4G LTE baru dilakukan oleh satu operator dan belum dalam skala nasional.



Bulan Mei 2013 diluncurkan Dual Program gabungan antara 2G RF Planning and Optimization Training dan 3G RF Planning and Optimization Training tentunya dengan diskon khusus untuk peserta training yang mengambil sekaligus kedua program tersebut. Untuk desain flyer mengharuskan canvas yang lebih luas karena harus memasukkan semua syllabus ke dalam flyer. Sebagai penanda program ada tulisan penanda DUAL PROGRAM di kiri atas. Penanda ini sering digunakan untuk desain-desain yang terbaru akhir-akhir ini.




 4G 4City! Flyer ini didesain untuk program LTE RF Design Training yang diadakan di 4 kota yaitu Surabaya, Makassar, Medan dan Jakarta di bulan Juni sampai Agustus 2013. Tidak hanya bagus secara desain, flyer ini juga memiliki slogan yang powerfull secara marketing.



Jenuh dengan desain tampilan yang biasanya kami mencoba desain baru. Dengan background kumpulan foto-foto pada saat training yang dibuat kecil-kecil dan didepannya diletakkan tulisan judul training dengan background abu-abu transparan dan tulisan berwarna hitam. Warna dibawah gambar lebih menyolok berwarna merah, biru atau hitam dan tidak dominan abu-abu silver seperti biasanya. Tiga sampai empat program training menggunakan desain ini yaitu 3G RF Planning and Optimization di bulan Januari 2014, Project Management Essential dan 2G & 3G Network Capacity Optimization (Radio, Transport, Core Network) di Bulan Februari 2014.



Muncul desain baru dengan gambar gedung dan membatik garis dari kumpulan gedung-gedung tersebut. Gambar tersebut diambil oleh teman baik saya Aryo Widiatmoko di Singapura. Desain ini rencananya akan digunakan untuk cover buku ke-8 saya yang berkolaborasi dengan teman-teman penulis lainnya. Desain ini dibuat untuk training Map Basic Application bulan Juli 2014.



Untuk ketiga desain yang terakhir kami sudah tidak memasukkan lagi syllabus ke dalam flyer karena akan terlalu panjang. Terlebih lagi untuk 2G & 3G & 4G & 5G Quadruple Program. Foto untuk ketiga desain tersebut hasil karya teman baik saya Aryo Widiatmoko. Terima kasih yok! Whats Next Desain? Kita tunggu saja Desain apik dan ciamik dari kita.

Enjoy Designing!

1 komentar:

Arina Nugraheni mengatakan...

wah,flyer favoritku yg ada gambarnya kota makasar.cantiik,,