Minggu, 10 Juni 2012

Technology Push or Market Pull Strategy

Dalam Supply Chain Management ada dua cara bagaimana sebuah produk dapat sampai ke tangan customer. Pertama adalah "Push" (We sell what we can make) dan "Pull" (We make what we can sell).


Metode Technology Push

Yang dimaksud dengan metode push adalah barang di stock di toko-toko dan modern supermarket dari pabrik. Metode ini biasa digunakan untuk semua produk-produk yang ada di carrefour, giant, lottemart, alfamart, indomaret dan toko-toko lainnya. Kelemahannya pihak produsen harus memikirkan inventory dan channel distribusi dengan baik.

Metode Market Pull

Sedangkan pada metode kedua, metode pull produsen baru akan memproduksi barang apabila ada pesanan. Metode ini bisa dikombinasikan dengan direct sales dimana produsen langsung menjual barangnya contohnya seperti Dell dan nulisbuku.com.

Synnex international adalah satu agen distribusi yang mendukung metode pull ini. Dimana Synnex lebih memilih mendistribusikan barang dalam jumlah kecil dengan berbagai macam varian untuk sebuah toko dibandingkan dengan jumlah besar. Mengapa begitu ? Jawabannya bisa dilihat pada slide berikut.

Tidak ada komentar: