Kamis, 14 Juni 2012

Research Methodology in Operational Management

Thesis merupakan syarat kelulusan terakhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa S2. Sebagian mahasiswa mungkin sudah tidak sabar untuk menjalaninya (katanya proses riset adalah proses yang menyenangkan karena kita tidak tahu apa yang berada di akhir riset), tetapi ada yang masih kebingungan untuk mencari judul yang tepat, ada juga yang mengerjakan tidak dengan sepenuh hati dan dibarengi dengan kesibukan-kesibukan kantor thesis yang sedang dijalankan jadi tertunda selama bertahun-tahun.

Pak Adi dosen di Operational Management mengatakan bahwa thesis harus dilakukan dengan sepenuh hati, pemilihan judul dan bahan-bahan thesis haruslah sesuatu yang berguna bagi penulis thesis. Sesuatu masalah yang belum terpecahkan di operasional sehari-hari di kantor. Meskipun sederhana tapi implikasinya besar ke kehidupan sehari-hari, itulah judul yang tepat.

Di perkuliahan S2 mahasiswa yang melakukan thesis diharapkan memberikan implikasi nyata ke bisnis. Prof. Wihana Kirana menyebutkan research flow chart untuk mereka yang duduk di bangku S2 mempunyai urut-urutan seperti berikut.

 

Setiap organisasi bisnis memiliki permasalahan yang kompleks. Dan setiap problem dapat dipecahkan dengan riset yang terstruktur. Dimulai dari permasalahan bisnis yang muncul, pendekatan teori, modelling, pengambilan hypothesis penelitian, penentuan methodology, pengambilan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, memecahkan problem yang terdapat di organisasi bisnis dan akhirnya berimplikasi terhadap perkembangan bisnis.

Methodology sebenarnya adalah sebuah alat untuk melakukan penelitian. Dalam jurnal-jurnal yang berkaitan dengan Operational Management terdapat empat klasifikasi methodology penelitian yaitu :
  1. Survey Research
  2. Case Research
  3. Action Research
  4. Modelling

Ada beberapa note dari hasil diskusi kelas dengan Pak Adi :

Apakah beberapa metode dapat dikombinasikan ke dalam satu tulisan? Jawabannya bisa banyak thesis yang mengkombinasikan beberapa metode.

Pertanyaan apa yang muncul ketika kita menggunakan methodology case research? Jawab : Methodology case research adalah acuan bagi perusahaan lain untuk menggunakan solusi pemecahan yang sama seperti pada perusahaan yang menjadi contoh kasus. Pertanyaannya yang sering timbul adalah apakah kasus yang diambil benar-benar dapat berguna untuk perusahaan lain ? Untuk menjawabnya paling tidak kita harus merujuk pada paragraf awal di artikel ini yaitu semua riset yang dikerjakan paling tidak berguna untuk menjawab pertanyaan di permasalahan perusahaan sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Action Research? Jawab : Action Research lebih mementingkan action yang dilakukan daripada sekedar penelitian secara tulisan. Action Research bertindak sebagai agent of change di dalam perusahaan dan dilakukan satu waktu saat thesis dikerjakan. Beberapa kriteria action research bisa dilihat pada slide dibawah.

Bagaimana dengan modelling? Jawab : Modelling adalah metode yang paling sering dipakai oleh para mahasiswa. Pak Adi mengharapkan modelling benar-benar merepresentasikan peristiwa yang terjadi dalam perusahaan. Apabila tidak cocok dan banyak faktor lain diluar model yang ternyata mempengaruhi model tersebut harus diperbaiki dan disempurnakan.

Oke begitu saja diskusi tentang persiapan thesisnya. Berikut presentasi mengenai Research Methodology di Operational Management
Research method in operations management final
View more PowerPoint from indonesiabelajar

Supaya tidak terlalu serius saya sertakan video yang cukup lucu mengenai lika-liku mahasiswa saat sedang mengerjakan thesis

Tidak ada komentar: