Jumat, 12 September 2008

My Second Book : Belajar Sendiri Pembuatan Skematik Rangkaian Elektronis dan Layout PCB Menggunakan orCAD Release 9.1

Hello Pembaca Blogger. Ini terbitan buku saya yang kedua. Berjudul Belajar Sendiri Pembuatan Skematik Rangkaian Elektronis dan Layout PCB Menggunakan orCAD Release 9.1. Berikut ini sinopsisnya

"Pembuatan sistem elektronis keandalan dari sistem elektronis adalah hal yang sangat penting. Keandalan yang dimaksud adalah sistem kita akan bekerja sesuai fungsinya dalam rentang waktu yang lama. Kita mengenalnya juga dengan istilah garansi pada produk-produk elektronis yang telah dijual kepada masyarakat umum. Bagaimana kita dapat mencapai keandalan suatu sistem adalah dengan perancangan yang baik.

Sofware OrCAD adalah software yang sangat bagus untuk perancangan sistem elektronis yang kita buat. Pada buku ini akan kita bahas kegunaan software OrCAD dalam hal perancangan gambar skematik elektronis dan gambar layout PCB dari gambar skematik yang kita buat. Meskipun dengan software OrCAD juga dapat dilakukan simulasi untuk sistem elektronika digital maupun analog, tetapi hal itu tidak dibahas dalam buku ini.

Buku ini terdiri dari 6 bagian di mana tiap-tiap bagian adalah proyek tersendiri. Penulis berharap setelah membaca buku dan melakukan latihan proyek, pembaca dapat mengaplikasikannya untuk desain rangkaian komponen yang lain.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini meliputi:
• Mengenal Software OrCAD Capture
• Menggambar Skematik Menggunakan OrCAD Capture
• Mendesain Layout PCB dengan Autoroute Menggunakan OrCAD Layout
• Desain PCB dengan Jumper
• Desain PCB Dua Layer
• Membuat Footprint dengan Library Manager"

Meskipun sudah lama diterbitkan dan kemungkinan tidak beredar lagi di toko buku. Blogger Mania dapat membelinya di toko buku online Andi Publisher di http://www.andipublisher.com/?p=productsList&sWord=lingga+wardhana

Tidak ada komentar: