Sabtu, 13 September 2008

Prototipe Produk 4 : Telemetry application (Automatic Meter Reading via GPRS/3G/HSDPA, Automatic Wheather Reading via GPRS/3G/HSDPA)

Suatu sistem telemetri jarak jauh yang dapat langsung mengirimkan data ke pusat data. Data colective yang diambil dapat berupa data penggunaan daya listrik dirumah (Automatic Meter Reading) atau data kondisi cuaca (Automatic Wheather Reading).

A. Automatic Meter Reading
Solusi untuk pembacaan daya listrik yang digunakan pada rumah tangga secara digital. Kemudian informasi penggunaan daya listrik tersebut dikirimkan secara wireless via GPRS/3G/HSDPA ke pusat central data. Sehingga mengurangi kesalahan pembacaan daya listrik oleh petugas pembaca meter listrik dan juga efisiensi dalam pembacaan daya listrik. Pembayaran listrik juga dapat dilakukan secara online.


B. Automatic Weather Reading
Suatu solusi sistem yang dapat merekam 7 parameter iklim melalui sensor-sensornya yaitu parameter : Curah hujan, Suhu Udara (Minimum, Maksimum, Rata-rata), Kelembaban (Minimum, Maksimum, Rata-rata), Radiasi surya, Kecepatan angin, Arah angin, dan Kelembaban daun. Diamana tiap-tiap parameter iklim dikrimkan ke pusat pengolah data menggunakan teknologi GPRS/3G/HSDPA. Informasi tentang cuaca dan iklim mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan pertanian akan tetapi ketersediaan data iklim masih sangat terbatas baik dari segi jumlah, jenis parameter data, maupun intensitas waktu pengamatan. Dengan solusi Automatic Wheather Reading ini kita dapat langsung memperoleh data cuaca dari seluruh penjuru nusantara. Sehingga data ini nantinya dapat digunakan sebagai keputusan strategis dalam bidang pertanian dan perkebunan.

Tidak ada komentar: