Sabtu, 13 September 2008

Prototipe Produk 5 : Intelligent Traffic Light With Traffic Jam Broadcaster

Sistem ini merupakan system traffic light pintar yang dapat menentukan pewaktuan yang tepat dengan mengukur banyaknya kendaraan pada masing-masing jalan. Pada jalan yang antreannya panjang, lampu hijau akan menyala lebih lama sehingga dapat mengurangi antrian kemacetan kendaraan di Traffic Light. Sistem terintegrasinya dapat mengifokan daerah-daerah yang mengalami kemacetan melalui SMS atau snapshoot kondisi kepadatan lalu lintas melalui MMS. Berikut ini gambaran desain prototypenya.




Sistem ini menjadi juara 1 di Indosat Wireless Innovation Contest 2007 bidang product oriented hardware dan telah didemokan di acara e-lifestyle metro TV. Beberapa keuntungan bagi pengguna jalan (pengguna layanan) dengan adanya sistem ini antara lain :
• Mengurangi tingkat kemacetan di kota-kota besar
• Mengurangi konsumsi bahan bakar yang digunakan oleh pengendara bermotor
• Mempercepat waktu tempuh bagi pengguna jalan
• Pengguna jalan (pengguna layanan) dapat memperoleh informasi jalan yang lancar atau mengalami kemacetan dari SMS
• Pengguna jalan dapat memperoleh snapshoot kondisi traffic dengan menggunakan MMS
• Pengguna jalan dapat memperoleh data visual menggunakan peta yang berisi informasi jalan-jalan yang mengalami kemacetan sehingga dapat menentukan rute sehingga terhindar dari kemacetan. Data yang diberikan berupa peta real time online pada website sehingga pengguna jalan dapat mengaksesnya menggunakan gprs.

Apabila sistem Informasi Traffic jam ini diaplikasikan ke dalam sistem Mobile Tracking. Maka informasi kemacetan ini dapat digunakan para pemakai navigasi Mobile Tracking pada kendaraannya untuk mengetahui daerah mana saja yang macet. Karena itu, ketika mereka sedang melaju ke suatu tempat, sistem penunjuk arah ini sudah memberi informasi daerah mana yang harus dihindari.

2 komentar:

rorizki mengatakan...

bagus sekali artikel bapak ..
kebetulan saya sedang menulis tugas akhir kuliah tentang sistem lampu lalu lintas ..

apakah ada hal-hal yang harus saya ketahui lebih lanjut pak berdasarkan pemaparan bapak dari artikel ini?

terimaksih ..

-eki-

Muslih mengatakan...

Wuah lingga aku jadi inget kuliah PSD oleh bu Lita dulu he he he..
Kapan ya bisa terimplementasi kayak gitu?