Jumat, 23 Agustus 2013

Mengikuti The 3rd PPM Regional Business Case Competition

Tahun 2012 lalu saya bersama dua rekan saya Maher Muhamad dan Lita Wulandari mengikuti 3rd PPM Regional Business Case Competition. Penentuan pemenang dari kompetisi ini adalah dengan menganalisis kasus sebuah perusahaan biasanya adalah perusahaan terbuka dan setiap peserta diwajibkan membuat paper untuk analisa kasus. Kasus sudah dipersiapkan sebelumnya oleh pihak PPM Management  dan 12 paper terpilih akan berhak mempresentasikan papernya di depan dewan juri dan juga manajemen perusahaan. Tulisan dan presentasi keduanya diwajibkan dalam bahasa Inggris. 


Pada saat itu kami dibimbing oleh Pak Bayu Sutikno, Ph.D. Pada saat itu Pak Bayu menjelaskan bahwa dalam menganalisa sebuah kasus perusahaan diperlukan sebuah 'pisau analisa' yang tepat. Saat itu beliau menyarankan untuk menggunakan Business Model Canvas. Kebetulan Pak Bayu mengampu matakuliah Business Model dikelas saya (waktu itu saya mengambil konsentrasi entrepreneurship, maher mengambil konsentrasi strategic dan Lita mengambil konsentrasi Finance) sehingga saya pun alhamdullilah langsung paham dan bisa membayangkan apa yang harus dituliskan ke dalam paper. Setelah cukup intensif berdiskusi dalam satu tim dalam pengembangan selanjutnya kami memadukan Business Model Canvas dengan analisa SWOT dan juga Blue Ocean Strategy. Hasil yang didapat cukup memuaskan dan kami memberi nama paper kami Ancol Boost (Kepanjangan dari Ancol Blue Ocean Strategy).

Tulisan kami dari tim MM UGM Jakarta berhasil rangking 2 dari keseluruhan finalis tapi sayangnya kami gagal untuk mendapatkan juara pada saat presentasi. Tapi tidak apa-apa banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari kompetisi ini. Tentu saja saya akan menshare tulisan kami tersebut agar bisa menjadi pembelajaran pembaca dalam menganalisa kasus sebuah perusahaan.

 

Selain dari PPM universitas-universitas lain seperti Unair Surabaya dan Prasetya Mulya juga rajin untuk mengadakan kompetisi Business Plan seperti ini. So kalau ingin mempertajam kemampuan anlisa manajemen Anda ikutilah perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh salah satu kampus tersebut.

Tidak ada komentar: