Rabu, 21 Agustus 2013

General Business Environment

GBE atau General Business Environment adalah matakuliah wajib di MM UGM Jakarta. Menurut Prof. Jogiyanto Hartono, MBA., Ph.D. pengampu matakuliah GBE di kelas kami, matakuliah GBE merupakan salah satu Unique Selling Proposition dari MM UGM dibandingkan program MM lainnya. Karena tidak semua program MM di universitas lain dapat mendatangkan dosen dari berbagai jurusan/fakultas sedangkan UGM memiliki hampir semua fakultas dan jurusan dan dapat diundang untuk mengampu matakuliah GBE di MM UGM Jakarta.

Berbagai dosen dari berbagai jurusan dan fakultas diundang untuk mengajar 1 sesi sehingga total ada 13 sesi, 12 dosen yang berbeda dan 14 tugas paper yang harus kami kumpulkan untuk matakuliah ini. Benar-benar matakuliah yang berat. Alhamdullilah sudah terlewati.

Berikut Syllabus dalam matakuliah GBE :
  1. Demographical Enviroment
  2. Social Environment
  3. Cultural Environment
  4. Domestic Political Environment
  5. International Political Environment
  6. Natural Environment
  7. Technological Environment : Information Technology
  8. Technological Environment : Processing Technology
  9. Governmental Environment
  10. Economic Development
  11. Regional Economy
  12. Monetary & Fiscal Policies
  13. Industry & Sectoral Policies
Apa yang dimaksud dengan Business Environment?

Bahwa setiap manajer dalam setiap pembuatan keputusan selalu memandang dari faktor internal perusahaan dan juga faktor eksternal perusahaan. Hal-hal yang difokuskan dalam matakuliah General Business Environment adalah faktor-faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perusahaan dan mempengaruhi manajer atau perusahaan dalam membuat keputusan.

Beberapa Artikel kedepan di blog Indonesia Belajar akan membahas secara rinci dari tiap faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan.

Selamat membaca!

1 komentar:

Ferdamos Sitanggang mengatakan...

Pembenahan management internal perusahaan seyogianya sama penting nya dengan fokus thd faktor-faktor eksternal yg mempengaruhi perusahaan. Pengambilan keputusan oleh Manager berbanding lurus antara kesiapan internal perusahaan dengan faktor2 ekternal yang mempengaruhi perusahaan. Seperti dua sisi mata uang, fokus internal dan ekternal mempunyai bobot yg proporsional. #fers